Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah agar para mahasiswa yang mempunyai latar belakang dari Fakultas Tarbiyah dapat mendapatkan pengalaman dan merasakan atmosfer proses belajar mengajar siswa di sekolah agama yang ada di Malaysia
Kuala Lumpur,  (ANTARA News) - Universitas Darussalam (Unida) Gontor Ponorogo, Jawa Timur, yang tengah melakukan sejumlah kegiatan di Pulau Pinang, Malaysia, Selasa, mendapat pengawalan dalam program kegiatannya di negeri jiran itu dari Permai Culture Business and Training Centre (PCBTC). 

Salah pengurus PCBTC, Muhammad Nasrullah, di Kuala Lumpur, Malaysia, mengatakan Unida sedang melaksanakan program bertaraf internasional, salah satunya melaksanakan program "micro teaching" di SABK Al Madrasah Al Khairiah Al Islamiah, Pulau Pinang, disertai lawatan ke beberapa universitas.

Pada kesempatan itu,  beberapa pengurus PCBTC berkesempatan mendampingi beberapa rangkaian program tersebut.

Muhammad Nasrullah mengatakan, rombongan yang terdiri atas mahasiswa dan dosen pendamping dari Unida berjumlah 20 orang itu sudah tiba di Penang sejak 15 Januari 2019 dan langsung melaksanakan praktik mengajar selama kurang lebih sepekan di SABK Al Madrasah Al Khairiah Al Islamiah Pokok Sena, Pulau Pinang.

"Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah agar para mahasiswa yang mempunyai latar belakang dari Fakultas Tarbiyah dapat mendapatkan pengalaman dan merasakan atmosfer proses belajar mengajar siswa di sekolah agama yang ada di Malaysia," katanya.

Nasrullah menyatakan sangat bersyukur karena pihak Madrasah Al Khairiah sangat mendukung dan memfasilitasi program ini sehingga harapannya agar program- program seperti dapat berlanjut karena akan sangat penting untuk mempererat diplomasi kedua negara terutama di bidang pendidikan.

Selain melaksanakan praktik pengajaran pada Rabu (22/1) 2019 rombongan Unida juga berkesempatan melaksanakan lawatan ke Pusat Pengajian Ilmu Pendidikan (PPIP) Universiti Sains Malaysia (USM) dan direspon baik oleh pihak USM.

Rombongan disambut langsung oleh dekan dan wakil dekan serta mahasiswa S3 PPIP USM yang juga merupakan pengurus dari PCBTC, M. Arif Rahman Hakim didampingi Agung Priatin (Manajer PCBTC) sebagai fasilitator program lawatan ini.

Pada pertemuan dan kunjungan singkat ini pihak USM dan Unida juga menyepakati beberapa poin, yang selanjutnya akan berlanjut ke proses nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU)) dalam waktu dekat ini.

Unida Gontor merupakan sebuah universitas yang terletak di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.

Hampir sama seperti Pesantren Darussalam Gontor, universitas ini juga menerapkan sistem asrama (boarding system) yang dirancang untuk pembelajaran yang efektif dan efisien.

Di dalam sistem asrama, Bahasa Arab dan Inggris digunakan sebagai pengantar pengajaran dan komunikasi di antara dosen dan mahasiswa untuk pengembangan kerja sama lembaga di dunia internasional. 

Baca juga: Unida Gontor kembangkan kerja sama dengan Rusia

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019