Bandung  (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung menyatakan prakiraan tinggi gelombang laut maksimum di perairan sebelah Selatan Jawa Barat  pada Rabu, 23 Januari 2019, bisa mencapai empat meter.

Data dari bagian Data dan Informasi (Datin) Stasiun Geofisika Bandung, Jabar, Selasa itu juga menyatakan prakiraan tinggi gelombang di perairan sebelah  utara Jawa Barat sekitar 0,5 meter hingga 1,5 meter.

Selain itu, Datin Stasiun Geofisika Bandung menyatakan prakiraan cuaca di wilayah Jawa Barat pada Selasa pagi secara umum cerah berawan hingga berawan.

Di samping itu, juga berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Bekasi, Bogor, Depok, Karawang, Purwakarta, Subang, Indramayu,  dan Sukabumi.

Sedangkan antara siang dan sore harinya, secara umum tetap berawan, dan juga masih berpotensi hujan ringan hingga lebat disertai kilat, petir dan angin kencang di wilayah Bogor, Depok, Purwakarta, Cianjur, Sukabumi, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Indramayu, Subang, Karawang, Bekasi, Cirebon, Kuningan, Sumedang dan Majalengka.

Kemudian pada malam harinya secara umum berawan. Masih berpotensi hujan ringan hingga lebat disertai kilat, petir dan angin kencang di wilayah Bogor, Depok, Purwakarta, Cianjur, Sukabumi, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Indramayu, Subang, Karawang, Bekasi, Cirebon, Kuningan, Sumedang dan Majalengka. 

Lalu pada dini Rabu secara umum berawan. Masih berpotensi hujan ringan di sebagian wilayah Bekasi, Karawang, Sukabumi, Depok, Bogor, Cianjur, Subang, Pangandaran dan Purwakarta.

Untuk suhu udara wilayah Jabar bagian Utara ialah 22 hingga 33 derajat celsius dengan kelembapan udara 60 hingga 95 persen.

Sementara itu, suhu udara wilayah Jabar bagian Selatan ialah 19 hingga 32 derajat celsius dengan kelembapan udara 60 hingga 95 persen.

Sedangkan kecepatan angin di Jawa Barat untuk hari ini secara umum bertiup dari arah Barat hingga Barat Laut dengan kecepatan lima hingga 30 km/jam.

Baca juga: BMKG serukan waspada gelombang laut tinggi Selasa
Baca juga: Tinggi gelombang perairan Makassar hingga 4,0 meter
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019