Rekrutment relawan demokrasi untuk tingkatkan kualitas pemilu

id KPU Sigi,pemilu 2019,relawan demokrasi

Seorang warga memperlihatkan tinta di jarinya seusai menggunakan hak suaranya saat pemilu (ANTARA FOTO/Yusran Uccang/14)

Palu (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, merekrut relawan demokrasi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Pemilihan Umum 2019.

"Jumlah tenaga relawan demokrasi yang akan direktut sebanyak 55 orang, untuk bersama-sama KPU meningkatkan kualitas demokrasi di Sigi," kata Ketua KPU Sigi Nuzul Lapali, di Sigi, Jumat.

Nuzul mengatakan, jumlah relawan demokrasi yang akan direkrut oleh KPU Sigi berjumlah 55 orang meliputi 10 basis, yaitu basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih penyandang sisabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marjinal, komunitas, keagamaan dan warga internet (netizen).

Ia menjelaskan, bagi masyarakat yang berminat menjadi relawan demokrasi, perlu melengkapi persyaratan, yaitu berstatus sebagai warga Negara Indonesia, berusia minimal 17 tahun pada saat mendaftar, pendidikan minimal SLTA atau sederajat.

Selanjutnya, berdomisili di wilayah setempat, non partisan, sekurang-kurangnya dalam 5 (lima) tahun terakhir tidak menjadi anggota partai politik, memiliki komitmen menjadi relawan pemilu, terdaftar sebagai pemilih, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan bertanggungjawab dan berakhlak baik.

"Kami membuka pendaftaran di Kantor Sekretariat KPU Sigi, mulai 10-16 Januari 2018 setiap hari kerja," ujar dia.

Ia menyebutkan, rekrutmen relawan demokrasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pemilu, serta dapat mendongkrak target partisipasi pemilih.

Selain itu juga untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi serta membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi.

Saat ini informasi mengenai perekrutan tersebut telah disebarluaskan oleh KPU Sigi kepada masyarakat di Kabupaten Sigi dan Kota Palu.

Baca juga: KPU Bangka Tengah rekrut relawan demokrasi

Baca juga: KPU OKU bentuk relawan demokrasi
 

Pewarta : Muhammad Hajiji
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar