Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah siap membantu peningkatan anggaran untuk Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"BMKG ini harus dikasih anggaran besar, saya mau bantu supaya lebih banyak anggarannya," kata Fahri Hamzah usai meninjau BMKG di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, lembaga seperti BMKG harus mendapatkan anggaran yang besar untuk memperkuat sistem mitigasi karena wilayah Indonesia dikelilingi cincin api (ring of fire) dan berada di tiga lempeng sehingga rawan bencana gempa, letusan gunung api dan lainnya.

Dia juga mengatakan, BMKG harus dikuatkan dan disolidkan serta bisa bersinergi dengan lembaga lain agar ke depan lebih dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, BMKG sudah melakukan sinergi dengan lembaga lainnya namun ia mengakui memang harus lebih diperkuat. "Kami berterima kasih sudah mendapatkan arahan dan dukungan, motivasi dari DPR RI, tentunya ini tinggal kerja keras," kata Dwikorita.

Dwikora mengatakan, BMKG sudah dalam proses melakukan penguatan termasuk teknologi untuk mitigasi. "Saat ini pemerintah sudah menyiapkan alokasi, itu semua karena dana besar tidak mungkin bisa langsung dikasih. Ini sedang digodok," kata dia.
Baca juga: Fahri Hamzah minta BMKG perkuat sinergi untuk mitigasi
Baca juga: BMKG: selama 2018 ada 23 kali gempa bumi yang merusak

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019