Malang (ANTARA News) - Universitas Brawijaya (UB) Malang meraih penghargaan terbaik untuk tiga kategori dalam perhelatan Anugerah Humas yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) 2018.

Rektor UB Malang Prof Nuhfil Hanani di Malang, Jumat mengatakan penghargaan tersebut menjadi bukti eksistensi UB sebagai perguruan tinggi terkemuka di Tanah Air.

"Penghargaan ini membuktikan bahwa UB mampu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," katanya.

Universitas Brawijaya meraih juara pertama Anugerah Humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti), serta Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik yang diselenggarakan Kemenristekdikti), Kamis (3/3).

Dalam kompetisi tersebut Humas UB menjadi yang terbaik dalam pelayanan informasi melalui internet, hubungan media, dan media sosial. Acara yang diselenggarakan di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini merupakan yang kedua kali digelar.

Pada tahun sebelumnya Humas UB juga meraih juara pertama kategori website dan juara kedua kategori Publisitas.

Aspek yang dinilai dalam Anugerah Humas meliputi kualitas pelayanan informasi melalui internet (website), media sosial, dan hubungan media. Sedangkan pada Anugerah Pengelola, aspek yang dinilai antara lain kuantitas pengaduan, penyelesaian, serta tindak lanjut.

Acara yang diselenggarakan Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik (KSKP) Kemenristekdikti ini melibatkan juri yang independen dan kompeten, yaitu Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Lembaga, Adita Irawati, Digital Strategis Nukman Luthfie, dan Anggota Persatuan Humas serta Founder Nagaru Communication Dian Agustine Nuriman.

"Saya berharap humas PTN dan LLDikti semakin berkualitas. Pemberian anugerah ini diharapkan mendorong insan kehumasan PTN dan LLDikti agar berkarya lebih kreatif. Saya berharap PTN dan LLDikti yang terpilih ini dapat memotivasi humas lainnya untuk berkiprah lebih baik lagi. Bagi yang belum menang, selamat berkarya lebih baik lagi. Kami tunggu karya terbaik anda di tahun 2019," ucap Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na`im.

Selain Sekjen Kemenristekdikti, penghargaan juga diserahkan oleh Rektor Undip Yos Johan Utama, Kepala LLDikti Wilayah VI Jawa Tengah Dwi Yuwono Puji Sugiharto, dan Kepala Biro KSKP Kemenristekdikti Nada Marsudi.

Kepala Biro KSKP Nada Marsudi berharap humas PTN dan LLDikti semakin berkualitas. "Pemberian anugerah ini juga diharapkan mendorong insan kehumasan PTN dan LLDikti agar berkarya lebih kreatif," ucapnya.

Baca juga: "nabu" ciptaan mahasiswa universitas brawijaya atasi malnutrisi
Baca juga: Mahasiswa Universitas Brawijaya ciptakan alat pendeteksi bencana
Baca juga: Kuyrek.com Universitas Brawijaya dinilai "paling inovatif"

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019