Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pertahanan menggelar "Bela Negara Run" yang akan digelar pada Minggu (16/12), dalam rangka memperingati Hari Bela Negara yang diperingati setiap tanggal 16 Desember.

"Bela Negara Run 2018 merupakan rangkain peringatan Hari Bela Negara yang diperingati tiap 16 Desember, dan akan dibuka oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu," kata Dirjen Potensi Pertahanan (Pothan) Kementerian Pertahanan, Bondan Tiara S, di Kantor Kemhan, Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan Bela Negara Run 2018 bertujuan menanamkan nilai-nilai kesadaran bela negara seperti sikap disiplin, sikap selalu ingin berprestasi, dan kerja keras.

Menurut dia, nilai-nilai bela negara tersebut harus tersosialisasikan sejak dini, mulai dari pendidikan dasar hingga dewasa karena terbukti efektif dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air.

"Acara ini juga sebagai ajang mengenalkan gaya hidup sehat, interaksi sosial dan menumbuhkan semangat bela negara," ujarnya.

Bondan mengatakan Bela Negara Run 2018 merupakan ajang yang kedua digelar Kemhan, sebelumnya digelar tahun lalu dengan jumlah peserta 1.500 orang.

Menurut dia, Bela Negara Run 2018 akan diikuti 2.500 peserta dari seluruh Indonesia yang sudah mendaftar, dan mereka akan terbagi dalam dua kategori yaitu lari 5 kilometer dan 12 kilometer.

"Untuk kategori 5k dan 12k, masing-masing ada kategori umum serta TNI/Polri. Lomba tersebut akan dimulai pukul 06.00 WIB yang dimulai dan berakhir di kantor Kemhan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018