Jakarta (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengimbau agar pelaku usaha lebih memperhatikan strategi pemasaran rendang untuk meningkatkan promosi di tengah masyarakat.

"Kita utamakan "branding"-nya, bukan karena kita orang Minang tapi strategi marketingnya itu banyak sehingga enggak fokus. Tentu ke depan hal ini kita tingkatkan terus promosinya," ujar Irwan ketika memberikan kata sambutan dalam acara Festival Nusantara Marandang, di Area Parkir Timur Senayan, Jakarta pada Minggu sore.

Irwan mengucapkan terima kasih kepada seluruh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berupa industri rumahan khususnya yang memproduksi rendang atas partisipasinya dalam kegiatan perdana yang diikuti oleh kelompok berasal dari 34 provinsi tersebut.

Kedepannya, lanjut Irwan, pelaku usaha harus meningkatkan kemasannya sesuai kebutuhan pasar. 

"Tadi ada rendang dalam sachet yang bisa tahan dua tahun dan dijual di mall. Bisa kita makan tiap hari selama disimpan di lemari es," tambahnya.

Dengan kegiatan memasak rendang bersama-sama ini diharapkan peningkatan promosi rendang lebih masif serta untuk menggerakkan ekonomi masyarakat di Minang dan nasional.

Sementara itu, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Destinasi Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Vita Datau mengatakan pihaknya menerapkan strategi pemasaran makanan nasional ke dunia melalui penetapan lima makanan nasional, yakni nomor satu diduduki oleh rendang.

Penetapan itu diperlukan agar upaya promosi bisa lebih bagus dan fokus mengingat Indonesia kaya akan resep-resep kuliner nusantaranya.

"Bayangkan kalau rendang ada dimana-mana, berarti kita sudah bisa memegang dan membumbui dunia," tegas wanita kelahiran Gorontalo itu.

Bahkan, Vita juga menggalakkan aksi promosi rendang melalui media sosial Instagram dengan #5nationalfoods yang memudahkan warganet mencari tahu perihal makanan olahan daging tersebut.

Acara yang berlangsung dari Minggu sore hingga malam itu juga dihadiri beberapa artis, seperti Ikke Nurjanah, Upiak Isil, Kiki Asiska, Kathy Indera, dan Chef Marco Lim.

Pengunjung dapat menikmati berbagai stan makanan khas, khususnya kuliner Sumbar dengan rangkaian acara pagelaran busana, demo memasak, doorprize, penampilan seni dan budaya, dan lomba foto selfie.

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018