Yogyakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengharapkan seluruh rakyat Indonesia tetap bersatu walau ada perbedaan pandangan politik menjelang pemilihan umum dan pemilihan presiden dan wakil presiden 2019.

"Mudah-mudahan dalam suasana dakwah, suasana berkemajuan, suasana politik, bangsa ini tetap bersatu," kata Wapres dalam pidato pembukaan Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin.

Menurut Wapres, masyarakat boleh berbeda pilihan dalam menggunakan hak suara di tempat pemungutan suara (TPS), tetapi proses pemilihan yang berlangsung maksimal 10 menit karena memilih calon pemimpin tersebut, mereka tetap bisa bersamaan memajukan bangsa ini.

"Itu hanya masalah lima sampai 10 menit karena banyak yang dipilih. Jangan masalah yang 10 menit itu menjadikan kita terpecah belah, jangan. Kita tetap bersatu memajukan bangsa ini, kita punya hak untuk itu," kata Wapres.

"Untuk generasi muda tentu anda harus mempergunakan hak anda, karena hak itu adalah hak anda, salah satu cara bagaimana memajukan bangsa dengan menggunakan hak politik itu. Itu harapan kita semua," katanya.

Oleh sebab itu, menurut Wapres, dalam Muktamar Pemuda Muhammadiyah yang salah satu agendanya memilih pemimpin, maka kader organisasi itu bisa menggunakan hak yang sudah menjadi hak demokrasi untuk menentukan pimpinan selanjutnya.

"Dan tentu saya menghargai pandangan Muhammadiyah, pilihlah yang terbaik, bukan memilih siapa yang paling keras atau yang paling hebat kampanyenya, namun siapa yang terbaik, dan yang membuktikannya," katanya.

Wapres juga mengatakan, dalam sebuah organisasi masyarakat, tentu tidak dipungkiri terkadang ada perbedaan pandangan politik.


Baca juga: Jusuf Kalla buka Muktamar Pemuda Muhammadiyah di Yogyakarta

Baca juga: Wapres: Sistem demokrasi harus dikoreksi sesuai zaman

 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018