Wapres letakkan batu pertama pembangunan kantor DMI

id Wapres Jusuf Kalla,peletakan batu pertama kantor DMI,dewan masjid Indonesia

Wakil Presiden Jusuf Kalla meletakkan batu pertama pembangunan Kantor Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Matraman, Jakarta, Jumat (23/11/2018). (Biro Pers Setwapres)

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan peletakan batu pertama sebagai simbol dimulainya pembangunan kantor Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Matraman, Jakarta Pusat, Jumat.

“Ini penting supaya kita sebagai organisasi Dewan Masjid itu mempunyai alamat tetap, seperti saya katakan tadi orang bingung mau kirim surat, mau kirim surat kemana ini,” kata Wapres dalam sambutannya di Jakarta, Jumat.

Wapres menceritakan kantor DMI selalu berpindah sebelum menetap di Matraman. Kantor pertama DMI ada di komplek Masjid Istiqlal Jakarta, kedua berpindah ke Jalan Borobudur, ketiga ke Jalan Surabaya, keempat ke Jalan Jenggala, dan terakhir di Matraman yang akan dibangun gedung permanen untuk kantor DMI.

“Selama saya ketua DMI, DMI itu bersafari terus. Jadi Insha Allah ini safari ke-lima baru tetap, jadi lima kali baru punya kantor," tambah JK.

Dengan adanya bangunan permanen milik DMI tersebut, nantinya kantor tersebut dapat digunakan sebagai tempat kegiatan pengurus DMI dan pelatihan bagi pengurus masjid se-Indonesia.

Selain untuk kegiatan administrasi dan surat-menyurat, kantor DMI di Matraman nantinya juga dapat menyelenggarakan pendidikan bagi pemuda dan pengurus masjid, tentang bagaimana mengelola masjid dengan baik.

"Kantor ini bukan hanya kebanggaan, tetapi supaya kita mempunyai tugas dan kerja yang lebih teratur lagi; sehingga juga bisa ada tempat untuk seminar, ada tempat kuliah, ada tempat untuk pelatihan tentang masjid, semuanya ada nanti," ujar Wapres.

Gedung DMI rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 1.083 meter persegi dengan 11 lantai yang sembilan di antaranya untuk kegiatan perkantoran dan dua lainnya untuk 'basement' dan lahan parkir.

Pembangunan Gedung DMI tersebut diketuai oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Dalam acara peletakan batu pertama tersebut juga dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah), Menkominfo Rudiantara (dua kanan), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (dua kiri) dan Menteri PANRB Syafruddin menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Kantor Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Matraman, Jakarta, Jumat (23/11/2018). (Biro Pers Setwapres)


Pewarta : Fransiska Ninditya
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar