Jakarta (ANTARA News) - Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik atau APEC yang diselenggarakan di Papua Nugini pada November 2018 akan membahas perkembangan ekonomi digital dan potensi APEC kedepan.

"KTT itu sendiri akan membahas mengenai masalah digital economy, the future of APEC terutama bagaimana APEC pasca 2020," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai rapat terbatas mengenai Persiapan Kunjungan Kerja Presiden ke KTT ASEAN di Singapura dan KTT APEC di Papua Nugini di Kantor Presiden, Jakarta pada Kamis.

Menurut Retno, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong akan terbang ke Port Moresby, Papua Nugini untuk hadir dalam pertemuan tingkat menteri APEC.

Menlu menjelaskan Presiden Joko Widodo rencananya menghadiri konferensi yang dilaksanakan pada 17-18 November 2018 di Port Moresby tersebut.

Menurut keterangan dalam laman resmi APEC, www.apec.org, sejumlah pejabat tinggi akan turut dalam Pekan Pemimpin Ekonomi APEC 2018 bertema "Memanfaatkan Peluang Inklusif, Merangkul Masa Depan Digital".

Fokus pertemuan itu yakni membangun tujuan bersama dalam perdagangan untuk memastikan pertumbuhan, lapangan pekerjaan, dan peningkatan kualitas kehidupan bagi masyarakat di seluruh kawasan Asia Pasifik.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018