Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Palestina Riad al Maliki mengajak masyarakat Indonesia untuk mengunjungi kota Yerusalem yang merupakan tempat Masjidil Aqsa berada. Hal tersebut disampaikan Menlu al Maliki dalam kuliah umumnya yang diselenggarakan di kampus Universitas Indonesia (UI) Salemba di Jakarta, Senin.

Salah satu partisipan yang hadir dalam kuliah umum itu menanyakan kepada al Maliki mengenai apa yang dapat dilakukan masyarakat sipil Indonesia untuk lebih menegaskan lagi dukungan bangsa ini atas perjuangan Palestina dalam mencapai kemerdekaan.

Menlu al Maliki menegaskan bahwa dukungan moral yang selama ini telah ditunjukan oleh Indonesia telah menjadi kekuatan tersendiri bagi Palestina.

“Solidaritas dan dukungan yang diberikan masyarakat Indonesia kepada Palestina sangatlah penting, karena hal tersebut menguatkan keyakinan kami akan adanya harapan,” katanya.

Masyarakat Indonesia juga dapat mengunjungi Yerusalem sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina.

“Jika setiap tahunnya ada se juta warga Indonesia yang melakukan ibadah umrah ke Arab Saudi, mungkin dapat pula melakukan perjalanan ke Yerusalem, untuk mengunjungi Masjidil Aqsa dan menetap selama dua atau tiga hari,” katanya.

Hal tersebut akan membantu perekonomian warga Palestina yang berada di Yerusalem.

“Itu akan menggerakkan ekonomi mereka dan menjadi bentuk dari solidaritas. Itu akan menguatkan Palestina untuk melawan tekanan yang ada di Yerusalem,” katanya.

Menteri Luar Negeri Palestina Riad al Maliki memberikan kuliah umum di hadapan akademisi dan mahasiswa Sekolah Kajian Strategik dan Global Universitas Indonesia, bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Acara tersebut merupakan bagian dari Pekan Solidaritas untuk Palestina yang digelar di Bandung dan Jakarta.

Kemenlu menggelar Pekan Solidaritas untuk Palestina sebagai bentuk dukungan yang konsisten dari Pemerintah Indonesia untuk perjuangan Palestina.

Rangkaian Pekan Solidaritas Untuk Palestina tersebut telah dimulai di Bandung dengan meresmikan Palestine Walk, dilanjutkan dengan jalan santai untuk perdamaian dan kemanusiaan dan rangkaian pertemuan dengan Presiden RI dan DPR.  

Baca juga: Menlu Palestina apresiasi dukungan Indonesia
Baca juga: Maliki: Indonesia di DK PBB juga wakili Palestina


Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018