Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Komunikasi dan Informatika berusaha memulihkan jaringan komunikasi di Sulawesi Tengah setelah terjadi gempa dan tsunami pekan lalu.

"Kementerian Kominfo pagi tadi juga sudah melakukan pemasangan 2 (dua) perangkat internet satelit berupa VSAT BAKTI-Lintasarta di: Posko Utama Korem Tadulako & Posko Media Bakti Kominfo Rujab Gubernur Siranindi," demikian bunyi keterangan pers Kominfo, Senin malam.

Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) sudah mengirimkan 31 telepon satelit ke posko, bekerja sama dengan Danrem setempat.

Saat ini Kominfo sedang mendistribusikan telepon satelit tahap kedua sebanyak 50 unit, yang sebelumnya pernah digunakan di Lombok.

"Sebanyak 50 telepon satelit yang pernah digunakan untuk sarana komunikasi penanganan gempa Lombok direlokasi untuk kebutuhan penanganan gempa Sulawesi Tengah," kata Kominfo.

Kominfo menginformasikan saat ini operator yang dapat beroperasi di wilayah Sulawasi Tengah yaitu Telkomsel, Indosat dan XL sudah dapat berfungsi dengan jangkauan 49 persen. 

Jumlah menara seluler yang dapat beroperasi di Sulawesi Tengah pascabencana mencakup 1.728 BTS, termasuk jaringan 2G, 3G dan 4G. 

"Saat ini ketiga operator seluler tersebut terus berupa melakukan recovery terhadap BTS yang masih down atau terganggu, antara lain dengann menyediakan mobile back power sembari menunggu pasokan listrik dari PLN".

"Ketiga operator telekomunikasi juga memberikan sejumlah kemudahan berkomunikasi bagi warga di Palu dan Donggala yang terdampak gempa. Telkomsel, misalnya memberikan telepon gratis 50 menit dan 200 SMS ke semua operator. Hal yg sama juga dilakukan XL Axiata. Ini sebagai bentuk dukungan sektor telekomunikasi untuk proses pemulihan pasca-bencana gempa bumi di Sulawesi Tengah".

Kominfo mengimbau masyarakat tidak terprovokasi kabar yang berasal dari sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga: Kominfo kirim lagi 100 telepon satelit ke Donggala

Baca juga: Jaringan telekomunikasi di Donggala terputus

Baca juga: Kominfo kirim 30 telepon satelit ke Donggala

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018