Jakarta (ANTARA News) -  Budi Waseso terpilih menjadi Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023 dalam sesi pemilihan pada Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka di Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat.

Dalam Munas Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka ke-10 pada 25-29 September 2018, Budi Waseso terpilih sebagai Ketua Kwarnas Pramuka melalui pemungutan suara pada sesi pleno munas,  setelah sebelumnya diupayakan melalui jalan musyawarah tetapi gagal. 

Budi Waseso mendapat suara terbanyak, yaitu 19 perolehan suara dalam pemelihan Ketua Kwarnas masa bakti 2018-2023.

Sementara pesaing Budi Waseso, Adhyaksa Dault yang sebelumnya sebagai ketua Kwarnas Pramuka meraih 14 suara. Sedangkan Prof Yana Cahyana hanya meraih dua suara. Perolehan suara sah sebanyak 35 suara.

Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Asrorun Niam Sholeh mengucapkan selamat atas terpilihnya

"Kemenpora mengucapkan selamat kepada Pramuka yang sudah berhasil melaksanakan Musyawarah Nasional untuk mengoptimalkan peran pramuka dalam pembangunan karakter bangsa.  Selamat atas terpilihnya Kak Buwas sebagai Ketua Kwarnas yang baru," kata Niam dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat. 

Niam mengatakan Kemenpora berharap akan ada sinergi antara pemerintah dengan Kwarnas Pramuka dalam membangun karakter bangsa melalui Pramuka. 

Menurut Niam, Pramuka merupakan salah satu instrumen strategis dalam pembangunan sumber daya manusia unggul, beriman,  bertakwa  dan berkarakter. 

Baca juga: Munas ke-10 Pramuka bahas kader pemimpin bangsa
Baca juga: Presiden ingin gerakan Pramuka direvitalisasi

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018