Jakarta (ANTARA News) - Pianis jazz belia Indonesia, Joey Alexander (15), memukau penonton di Kioi Hall, Tokyo, Selasa (25/9), dengan membawakan sembilan lagu termasuk “Bengawan Solo” dan “Sukiyaki”.

Joey yang tampil di konser bertajuk “A Jazz Evening with The Joey Alexander Trio” hadir dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.

Konser yang digelar oleh KBRI Tokyo dan PT Medco Energi itu bagian dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan KBRI Tokyo sepanjang tahun 2018, guna memperingati tonggak bersejarah dalam hubungan Indonesia dan Jepang.

Joey Alexander yang lahir di Bali pada 2003, dianggap sebagai simbol generasi muda Indonesia masa kini: berbakat, inspirasional dan going global.

Dari total sembilan lagu yang ditampilkan, Joey Alexander juga membawakan “Bengawan Solo” dan “Sukiyaki” untuk menghormati kedua negara. “Sukiyaki” dibawakan dengan aransemen jazz yang memikat khas Joey Alexander, mendapat respon yang sangat positif dari para hadirin asal Jepang.

Di akhir konser, para penonton memberikan standing ovation hingga The Joey Alexander Trio kembali keluar panggung untuk membawakan satu lagu tambahan.

Joey Alexander mengeluarkan album debut-nya, “My Favourite Things” di usianya yang ke-11. Album itu langsung memperoleh pujian dari para kritikus musik dan komunitas jazz, khususnya interpretasi atas kompisisi kondang John Coltrane berjudul “Giant Steps”.

“My Favourite Things” juga memasuki tangga lagu Billboard di urutan 174, membuatnya sebagai musisi Indonesia pertama yang masuk dalam tangga lagu bergengsi dunia ini.

Album “My Favourite Things” dan single “Giant Steps” mendapat nominasi untuk “Best Jazz Instrumental Album” dan “Best Improvised Jazz Solo” Grammy Award.

Di tahun 2017, Joey Alexander kembali dinominasikan untuk Grammy Award dalam kategori “Best Improvised Jazz Solo”.

Tahun ini, Joey Alexander mengeluarkan albumnya yang keempat, "Eclipse".

Baca juga: Joey Alexander bakal lengkapi pembukaan Asian Games

Baca juga: Musisi-musisi lokal yang terkenal di mancanegara

Baca juga: Joey Alexander akan tampil trio

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018