Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini kewaspadaan potensi angin kencang diperkirakan terjadi pada sejumlah wilayah pesisir di Provinsi Lampung pada Selasa hingga Rabu (12/9) pagi.

Menurut BMKG, seperti disampaikan dalam rilis Tim Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung, di Branti, Selasa, kewaspadaan potensi angin kencang dengan kecepatan maksimum 30 knots (56 km/jam) diperkirakan dapat terjadi di wilayah pesisir pantai sebelah barat, timur, dan selatan Lampung pada siang hingga sore hari.

BMKG menyatakan pula, apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diperbaharui dan diinformasikan melalui WhatsApp Group (0816404333) dan media sosial Facebook (Infocuaca BMKG Lampung) atau bisa diakses langsung via website http://www.stametlampung.com.

Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku 11 September pukul 07.00 WIB sampai dengan 12 September 2018, pukul 07.00 WIB, menyebutkan angin secara umum bertiup dari arah timur hingga selatan dengan kecepatan antara 3-15 knots (5-28 km/jam) dan berpotensi angin kencang dengan kecepatan maksimum 30 knots (56 km/jam) di daerah pesisir pantai barat, timur, dan selatan Lampung. Jarak pandang berkisar antara 5-10 km.

Suhu udara secara umum berkisar antara 23-34 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 17-29 derajat Celsius.

Kelembapan udara secara umum berkisar antara 50-90 persen, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 65-97 persen.

Secara umum wilayah Lampung diprakirakan pagi hari berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Lampung Utara, Lampung Tengah, dan Tulangbawang Barat.

Siang hari berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat, Way Kanan, dan Lampung Utara.

Malam hari berpotensi hujan sedang di wilayah Kabupaten Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Barat, Lampung Utara, dan Way Kanan.

Dini hari diprakirakan cerah hingga berawan.

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018