Colchester, Inggris (ANTARA News) - Lebih dari 2000 umat Muslim di Inggris dari berbagai bangsa khususnya yang berdomisili di Colchester, Essex dan sekitarnya termasuk diaspora dan Warga Negara Indonesia (WNI) melaksanakan sholat Idul Adha di Castle Park, Colchester, Inggris, Selasa.

"Senang bisa shalat Idul Adha bersama keluarga Muslim Indonesia yang tinggal di Colchester," ujar Nuryati (68), warga Jakarta yang tengah mengunjungi putrinya di Colchester.

Nuryati ditemani cucunya Syafira Wahyuni tiba lebih awal di lapangan tempat shalat Idul Adha di kota tertua di Kerajaan Inggris yang berjarak satu jam perjalanan dari London tersebut. Shalat Idul Adha di sana dilaksanakan pada Selasa (21/8), pukul 09.30 waktu setempat atau lebih awal satu hari dari pelaksanaan Idul Adha di Indonesia.

Cucu Nuryati, Syafira mengaku ini merupakan pengalaman yang paling berkesan karena dirinya dapat bertemu dengan saudara-saudara Muslim dari berbagai negara. Pada saat bersamaan dirinya merasa sangat dekat dengan Allah SWT.

" Saya merasakan kehangatan berada bersama umat Muslim dari berbagai negara melaksanakan shalat Idul Adha, apalagi banyak makanan Indonesia," kata Syafira.

Selain Nuryati dan Syafira juga ada mahasiswa dan diaspora Indonesia yakni Euis Walte yang melaksanakan shalat Idul Adha di Castle Park bersama kaum Muslim dari berbagai bangsa. 

"Rekan saya Vera Picciau tinggal di daerah Tunbridge Wells, Kent, sekitar dua jam perjalanan dari Colchester juga ikut melaksanakan shalat Idul Adha di sini," ujar Euis Walter.

Euis mengaku sudah dua kali melaksanakan shalat Idul Adha di tempat ini. Dirinya merasa seperti berada di Indonesia, meskipun harus menempuh perjalanan selama satu jam ke Colchester.

Sementara itu perempuan Muslim dari Spanyol, Maria yang bersuamikan warga Nigeria juga ikut melaksanakan sholat Idul Adha yang digelar di lapangan dekat Colchester Castle bersama putri semata wayang. Dirinya mengaku senang bisa melaksanakan shalat di sana.

Komunitas warga asal Nigeria di Colchester cukup banyak, ujar Maria. Mereka kebanyakan bekerja sebagai perawat manula dan menetap di Colchester selama delapan tahun.

Pelaksanaan shalat Idul Adha di lapangan kastil Colchester telah dilakukan sejak tiga tahun terakhir oleh Colchester Islamic Community Centre (CICC), yaitu yayasan sosial yang terdaftar di Badan Amal UK yang dipimpin Imam Habeeb dari Masjid Colcheste.

Usai shalat Idul Adha, masyarakat Muslim yang ada di Colchester dan anak-anak melakukan piknik dan menyantap bekal makanan, sedangkan panitia shalat Idul Adha juga menyediakan makanan kecil dan minuman susu khusus untuk anak-anak serta permainan seperti bouncy castle.

Baca juga: Presiden shalat Idul Adha di Cibinong

Baca juga: Shalat Idul Adha di halaman kantor Gubernur NTB


 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2018