Jakarta (ANTARA News) - Pelatih senam artistik Indonesia Eva Novalina T Butar-Butar mengatakan kemungkinan tidak akan menurunkan pesenam andalan Rifda Irfanaluthfi pada pertandingan final kategori tim di JIExpo Hall D, Kemayoran, Jakarta, Rabu (22/8).

Untuk diketahui, Indonesia berhasil melangkah ke final setelah menempati posisi kedelapan dari 11 negara dengan skor 140,85 dalam babak kualifikasi dari empat kategori yang ditandingkan, yakni meja lompat (vault), palang bertingkat (uneven bars), lantai (floor exercise), dan balok keseimbangan (balance beam).

"Kemungkinan besok saya masih berpikir mungkin saya tidak akan turunkan Rifda karena dia harus istirahat karena besok final tim, besoknya lagi dia langsung turun final alat," kata Ela di Kemayoran, Jakarta, Selasa.

Adapun tim senam putri Indonesia terdiri dari Rifda Irfanaluthfi, Amalia Fauziah, Nur Cahya, Armartiani, dan Tasza Devira.

Adapun skor keseluruhan Indonesia dari empat kategori tersebut antara lain meja lompat 38,45, palang bertingkat 32,9, balok keseimbangan 34,5, dan lantai 35.

"Kami realistisnya saja final antara China dan Jepang jadi saya paksa pun di situ kami tak akan masuk ke tiga besar jadi mungkin tidak akan saya turunkan Rifda," ucap Ela.

Selain itu, Indonesia juga melaju ke final melalui Rifda setelah menempati posisi lima besar pada dua kategori, yaitu meja lompat dan lantai.

Pada kategori meja lompat, Rifda menempati posisi kelima dengan poin 13,5. 

Adapun posisi pertama sampai empat masing-masing ditempati pesenam asal Korea Selatan Seojeong Yeo dengan skor 14,45, Rye Yong Pyon asal Korea Utara dengan skor 14,275, Oksana Chusovitina asal Uzbekistan dengan skor 14,2, dan Su Jong Kim asal Korea Utara dengan skor 13,85.

Sementara pada kategori lantai, Rifda juga menempati posisi kelima dengan skor 12,56.

Adapun posisi pertama ditempati dua pesenam dengan skor sama 13,15 masing Yile Chen dari China dan Shiho Nakaji dari Jepang. Sementara posisi ketiga ditempati Seojeong Yeo asal Korea Selatan dengan skor 12,9 dan posisi keempat ditempati pesenam Korea Utara Su Jong Kim dengan skor 12,7. 

Rifda diketahui merupakan pesenam andalan Indonesia karena telah menorehkan beberapa prestasi dalam berbagai ajang seperti pada Sea Games Malaysia 2017 dengan merebut 1 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Direncanakan, final kategori tim akan dilangsungkan pada Rabu (22/8). Sedangkan final kategori individual dilangsungkan pada Kamis (23/8).

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018