Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Rudiantara memberikan arahan kepada pasukan pengaman spektrum frekuensi radio guna mengamankan spektrum frekuensi saat pembukaan Asian Games 2018.

"Nanti malam ada acara besar yang didukung penggunaan spektrum frekuensi besar bagi event organizer dan juga bagi sarana WIFI yang semuanya perlu diamankan," ujar Rudiantara dalam keterangan pers yang diterima Antara.di Jakarta, Minggu.

Beliau juga menambahkan bahwa malam ini dan pada hari-hari berikutnya terdapat 30 petugas yang akan mengamankan spektrum frekuensi radio.

Pasukan ini memiliki tugas penting untuk mengamankan spektrum frekuensi Asian Games agar terhindar dari masalah interferensi.

Pelaksanaan Asian Games membutuhkan pengamanan spektrum frekuensi radio yaitu pada event pembukaan dan penutupan serta selama pertandingan Asian Games berlangsung.

Selama pesta olahraga se-Asia ini, spektrum tersebut sangat dibutuhkan untuk komunikasi data, skoring, sarana check poin, penyiaran, dan komunikasi radio lainnya.

"Tindakannya adalah temukan, kenali lalu lakukan penanganan. Interferensi diakibatkan penggunaan frekuensi radio yang bertabrakan bisa mengakibatkan blankspot. Makanya di dalam Stasion Utama ini digunakan WIFI raksasa untuk digunakan pengunjung pada pembukaan nanti malam," kata Rudiantara.

Baca juga: Menkominfo: penggunaan 5G di Indonesia untuk industri, bukan individu

Baca juga: Kominfo akan siapkan Wi-Fi gratis saat pembukaan Asian Games

Baca juga: Menkominfo ajak jajarannya wujudkan Indonesia merdeka internet

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018