Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Rudiantara  akan menyiapkan akses Wi-Fi untuk pembukaan Asian Games, terutama guna memudahkan peliputan.

"Nanti kita secara teknologi akan menyiapkan, selama pembukaan khususnya, akses penggunaan Wi-Fi," ujar Menkominfo Rudiantara kepada wartawan di Telkomsel 5G Experience Center, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (15/8).

Beliau juga mengatakan bahwa alasan penggunaan akses Wi-Fi ini karena penggunaan jaringan seluler terlalu ramai atau crowded menyulitkan upaya pengiriman foto atau liputan Asian Games, seperti yang terjadi dalam pertandingan di Bekasi, Jawa Barat.

"Jadi kita mengubah konsepnya dengan menggunakan Wi-Fi yang high density, dengan Telkom yang membangun 350 akses poin dan dijamin gratis," kata Menkominfo.

Beliau melarang adanya proses registrasi saat rakyat Indonesia akan menggunakan akses Wi-Fi tersebut dan harus digratiskan sepenuhnya selama perhelatan Asian Games 2018.

Pernyataan Menkominfo Rudiantara tersebut disampaikan saat beliau dan Menteri Perindustrian Republik Indonesian Airlangga Hartarto secara resmi meresmikan showcase elkomsel 5G Experience Center.

Showcase ini akan menghadirkan pengalaman teknologi 5G pertama kali bagi masyarakat Indonesia selama Asian Games 2018 melalui beragam aplikasi, seperti  live streaming, cycling everywhere, Football 2022, Beat the Robot, Future Driving dan Mobil Otonom mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018 di kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.   

Baca juga: Menkominfo berharap showcase 5G dongkrak citra Indonesia

Baca juga: Menkominfo: Akhir 2019 Palapa Ring rampung

Baca juga: Rudiantara: Pembangunan infrastruktur internet dibarengi peningkatan literasi

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018