Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya bersama dengan kedua mitra operatornya yakni PALYJA dan AETRA memastikan suplai air ke 51 titik venue Asian Games di Jakarta aman dan terjaga kuantitas, kualitas serta kontinuitasnya. 
     
Sebanyak 51 venue tersebut terdiri dari 16 venue yang merupakan pelanggan PAM, 27 venue merupakan pelanggan tidak langsung PAM yang dilayani melalui meter induk ke pengelola kawasan/Badan Layanan Umum (BLU) Sekretariat Negara, yaitu Gelora Bung Karno, Ancol dan Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran
PPKK/Wisma Atlet) dan delapan venue bukan pelanggan PAM.

Direktur Utama PAM Jaya, Erlan Hidayat menyampaikan bahwa PAM Jaya menyiapkan 17 unit truk tangki untuk mendukung Asian Games, 6 diantaranya sudah proses akreditasi oleh pihak penyelenggara Asian Games.

"PAM Jaya juga mendapatkan bantuan truk tangki dariay

Kementerian PUPR sebanyak 20 unit yang standby apabila dibutuhkan," kata Erlan di Jakarta Pusat, Senin.

Dalam masa persiapan, Tim Gabungan Suplai Air Bersih Asian Games telah dan sedang melakukan beberapa pekerjaan diantaranya yaitu pengecekan rutin kualitas air di seluruh venue Asian Games di Jakarta, katanya.

Pengecekan ini tidak hanya sampai pada titik meter dinas milik PAM  saja, namun juga sampai kepada titik kran pelanggan untuk memastikan kondisi kualitas air tetap terjaga seperti yang dipersyaratkan di dalam Permenkes nomor 492/2010. 

Pengecekan kualitas air pada Drinking Fountain yang terdapat di kawasan GBK dan Velodrome. Sebanyak 40 titik drinking fountain Indoor dan 16 titik drinking fountain outdoor di kawasan GBK dan 1 titik drinking fountain di Velodrome yang dibangun  Aetra. 

"Serangkaian koordinasi dalam memberikan bantuan teknis dan supervisi lainnya kepada PPKK dan GBK sebagai BLU yang mengelola kompleks Kemayoran dan komplek GBK," kata Erlan.

Hal ini perlu dilakukan mengingat PAM Jaya bertanggung jawab hanya sampai dengan meter induk di kedua area tersebut, untuk instalasi setelah meter induk menjadi tanggung jawab dan wewenang PPKK dan GBK. 

Selain itu, melakukan pemasangan sambungan baru ke GOR Ciracas dan Equistrian, serta melakukan perbaikan instalasi dalam di GOR Tanjung Priok, Gelanggang Remaja Jakarta Utara dan GOR Bulungan.
     
Layanan Call Center 24 jam khusus Asian Games.  Terdapat 3 nomor call center 24 jam yang akan melayani setiap permasalahan air di venue Asian Games yaitu: 021-29979999; 021-86909999 dan 021-5746130, katanya 

“Secara teknis, PAM Jaya dan Mitra swasta sudah siap mendukung dengan kuantitas, 6 kualitas dan kontinuitas air yang cukup untuk Asian Games," kata Erlan.

Ditambahkannya bahwa ada juga hal lain yang berada diluar kendali PAM Jaya. Pihaknya berharap agar kondisi air baku Jakarta tidak terlalu berat dipengaruhi oleh kemarau karena kondisi kemarau saat ini sudah mulai menurunkan debit dan kualitas air baku dari Kali Krukut. 

PAM Jaya juga berharap agar tidak ada gangguan pada kehandalan supply listrik, mengingat seluruh proses pengolahan air bersih serta pendistribusiannya bergantung pada kehandalan suplai listrik dari PLN. 

“Tidak hanya air, harapannya semua pihak yang terlibat akan bekerja pada Top Performance dalam menyambut Asian Games ini,” kata Erlan.  

Baca juga: Air bersih di Jakarta
Baca juga: "Run for Water" digelar memperingati Hari Air Sedunia

 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018