Bogor  (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dijadwalkan membawa obor Asian Games ke-18 yang rencananya tiba di Kota Bogor, Jawa Barat, pada 14 Agustus 2018.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor Eko Prabowo di Bogor, Sabtu, mengatakan Menkoinfo menjadi pembawa obor pertama dari titik nol kirab Obor (torch relay) Asian Games di Kota Bogor.

"Titik nol kirab obor Asian Games dimulai dari rumah dinas wali kota, yang pertama membawa obor Menkoinfo Rudiantara," kata Eko.

Eko menyebutkan kirab obor Asian Games 2018 akan menempuh perjalanan kurang lebih 10 kilometer mulai dari rumah dinas wali kota dan berakhir di Istana Bogor.

Selain Menkoinfo, ada 12 pembawa obor lainnya yang dijadwalkan membawa obor Asian Games. Dari Menkoinfo, obor dibawa menuju Gedung Telkom dan akan diserahkan kepada Mantan Panglima TNI Jendral (Pur) Moeldoko.

Dari Jenderal Moeldoko, obor akan dibawa lari menuju Halte Bantarjati, lalu diserahkan kepada Letjen TNI Herindra. Dari Herindra, obor dibawa secara estafet berpindah ke Icuk Sugiarto (mantan atlet bulu tangkis).

Setelah Icuk, obor terus dibawa berlari estafet ke titik-titik yang ditentukan. Dari Jambu Dua menuju Museum Peta. Sejumlah nama yang dijadwalkan membawa obor, yakni Jeffrie Ricardo, Ellyas Pical, Dandenpom III/1 Bogor, dan sejumlah sponsor.

Dari Museum Peta menuju Simpang Denpom, obor akan dibawa oleh Dandim 0606/ Kota Bogor Letkol ARM Doddy Suhadiman. Dari simpang Denpom, obor akan serahkan Dandim ke artis Yossy Project Pop yang akan berlari menuju Lapangan Sempur.

Dari Sempur, estafet obor Asian Games berpindah ke Chico Jericho yang akan berlari sampai Jalan Pajajaran depan Hotel Savero. Lalu api berpindah tangan ke Putri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri.

Anindya berlari membawa obor menuju Tugu Kujang yang telah ditunggu oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto bersama komunitas Bogor Runner untuk melanjutkan kirab obor sampai pintu utama Istana Bogor.

"Pak wali akan berlari dari Tugu Kujang melewati jalur SSA menuju pintu satu Istana Bogor," kata Eko.

Dari pintu Istana Bogor, lanjut Eko, obor Asian Games akan diestafetkan kepada Kapolresta Bogor Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya dan Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf M Hasan.

 "Api akan diinapkan di Istana Bogor, lalu dibawa kembali keluar dari istana melalui pintu dua di depan Balai Kota," kata Eko.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mendapat dua kesempatan membawa obor Asian Games, dari pintu dua Istana Bogor menuju Balai Kota, untuk disulutkan ke `mini cauldron` ?yang telah disiapkan di Plaza Balai Kota.

Di Balai Kota telah disiapkan berbagai pertunjukan seni budaya dalam menyambut kirab obor Asian Games 2018. Selain itu, selama kirab berlangsung, ada 15.000 pelajar Kota Bogor yang akan menyambut kedatangan obor selama kirab di Jalan Pajajaran dan seputaran Istana Bogor.


Baca juga: Pentas seni akan meriahkan kirab obor di Jakarta
Baca juga: Di Purwakarta, Dedi Mulyadi sambut obor Asian Games
Baca juga: 25 atlet Riau berlaga di Asian Games
Baca juga: Telkomsel perkuat dukungan demi sukses Asian Games

(KR-LR/E009)

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018