Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 20 kontingen negara peserta Asian Games 2018 mulai menempati Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat pada H-8 upacara pembukaan pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia  itu.

Dua puluh kontingen negara yang menghuni wisma atlet itu, seperti dilansir Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Jumat, adalah Bahrain, China, Filipina, Hong Kong, Indonesia, Irak, Iran, Jepang, Kirgistan, Korea Utara, Korea Selatan, Malaysia, Palestina, Suriah, Taiwan, Thailand, Timor-Leste, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, dan Vietnam.

"Kami akan berupaya secara maksimal untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi mereka sehingga dapat tampil terbaik bagi negaranya. Selamat datang para atlet dan ofisial di Indonesia," kata Ketua INASGOC Erick Thohir.

INASGOC mencatat 20 negara yang telah menempati Wisma Atlet Kemayoran telah menghuni sekitar 300 kamar yang tersedia.

Kontingen Iran menjadi kontingen terbanyak yang hadir di Kemayoran dengan jumlah total 251 atlet dan ofisial.

Para atlet dan ofisial perserta Asian Games ke-18 masih akan tiba di Indonesia dari negara mereka masing-masing pada pekan kedua Agustus jelang upacara pembukaan pada 18 Agustus.

"Atlet yang akan bertanding di luar Jakarta, mereka akan langsung menuju penginapan yang telah disiapkan dan lebih dekat menuju lokasi pertandingan seperti atlet sepak bola yang tinggal di sekitar lokasi di Jawa Barat," kata Erick.

Sejumlah pertandingan cabang-cabang Asian Games 2018 mulai berlangsung pada Jumat (10/8) meskipun upacara pembukaan dijadwalkan pada 18 Agustus. Cabang-cabang olahraga yang berlangsung sebelum pembukaan itu antara lain sepak bola putra, sepak bola putri, bola tangan, bola basket, dan polo air.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018