Pasangan Jokowi yakni Ma`ruf Amin, sementara Prabowo dengan Sandiaga Uno cukup dikenal di industri pasar modal, jadi pasar responnya relatif positif
Jakarta, 10/8 (ANTARA News) - Pengamat pasar modal Rudy Utomo menilai bahwa respon investor terhadap nama-nama calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2019 cukup positif bagi industri pasar modal.

"Pasangan Jokowi yakni Ma`ruf Amin, sementara Prabowo dengan Sandiaga Uno cukup dikenal di industri pasar modal, jadi pasar responnya relatif positif," ujar Rudi Utomo yang juga Direktur Utama Evergreen Sekuritas di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan, pada 2011 lalu Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa mengenai jual beli saham di pasar modal, tertulis dalam Fatwa DSN Nomor 80/DSN-MUI/III/2011 tentang Penerapan Prinsip Syariah Dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek.

"Kabarnya, Ma`ruf Amin merupakan salah satu yang merumuskan fatwa itu. Jadi, dia tentu paham dengan pasar modal," katanya.

Sementara Sandiaga Uno, menurut Rudi utomo, merupakan pemegang saham di salah satu perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Sementara Jokowi dan Prabowo, investor di pasar modal juga sudah tahu rekam jejaknya," ucapnya.

Baca juga: Peneliti: kepastian capres buat investor tenang

Rudy Utomo mengharapkan pemimpin di masa mendatang tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur sebagai salah satu penopang perekonomian nasional.

"Selain itu, harga pangan juga diharapkan stabil sehingga menjaga konsumsi domestik," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan pen-capres-annya pada Pilpres 2019 pada Kamis (9/8). Jokowi akan didampingi oleh Ma`ruf Amin sebaga calon wakil presiden.

Jokowi diusung oleh sembilan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja yaitu PDI Perjuangan, Nasdem, Golkar, Hanura, PPP, PKB, PKPI, Perindo, dan PSI.

Sementara itu, Prabowo Subianto pada Kamis malam juga mendeklarasikan dirinya sebagai calon presiden pada Pilpres 2019 mendatang didampingi oleh Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden. Prabowo-Sandi diusung oleh Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat.

Baca juga: Darmin: pengumuman capres-cawapres beri kepastian investor

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018