Jakarta (ANTARA News) - Petugas dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Barat berhasil memadamkan api yang membakar sebuah pabrik daur ulang sandal dan sol sepatu di Kecamatan Kalideres, Jumat. 

Dari pantauan Antara di lokasi, kebakaran yang terjadi pada pukul 15.00 WIB, dan operasi pemadaman memasuki proses pendinginan sekitar pukul 17.30 WIB.

"Petugas mendapat laporan dari warga pada pukul 15.10 WIB, dan sekitar 22 unit pemadam kebakaran langsung menuju ke lokasi," kata Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Barat Rompis Romli di Jakarta, Jumat. 

Penyebab kebakaran saat ini belum dipastikan oleh petugas yang berwenang, tetapi dari keterangan saksi, petugas keamanan pabrik, Abdul Sarminto (50), api disebabkan oleh korsleting listrik di gudang produksi daur ulang sol sepatu. 

"Api meledak karena korsleting listrik, merambat ke plastik-plastik daur ulang, ke sampah, lalu membakar gudang belakang," kata Abdul yang saat itu mengaku langsung berupaya mengatasi kebakaran dengan unit pemadam darurat. 

Pasca melihat percikan api yang merambat ke plastik-plastik dan sampah untuk bahan daur ulang, Abdul bersama karyawan lain, Darmanto (43) mengaku langsung meminta seluruh buruh pabrik untuk ke luar gudang, mengingat kobaran api yang semakin besar. 

Operasi pemadaman yang dipimpin oleh Suhartoyo, anggota Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, berlangsung selama kurang lebih tiga jam. Asap hitam tebal tampak terus membumbung dari dalam gudang sepatu. 

Pabrik daur ulang sol sepatu PT Trimurti Wirapratama milik Ismato (60) terletak di Jalan Prepedan Dalam RT012/RW09, Kelurahan Kamal, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. 

Pabrik terletak dekat wilayah pemukiman, tetapi sepanjang pantauan, api terlihat tidak sampai tersebar ke rumah warga. 

Di samping kawasan pemukiman, pabrik juga berada dalam satu kawasan dengan sebuah kantor yang turut dimiliki PT Trimukti Wirapratama. Meski demikian, api tidak sampai membakar kantor tersebut. 

Seorang pegawai pabrik, staf admin, Melly (30) mengaku ia bersama karyawan lain langsung ke luar dari dalam pabrik saat mengetahui ada kebakaran. 

"Ada tangga di bagian belakang gudang, saat itu saya ada di lantai dua, saat mendengar kebakaran, kami langsung turun dan keluar bangunan," kata Melly ke Antara di lokasi kejadian, Jumat. 

Dari insiden itu, petugas tidak menemukan ada korban jiwa ataupun luka-luka. Namun, kerugian material belum dapat ditaksir oleh pemilik pabrik. 

Menurut keterangan dari Suku Dinas Penanggulangan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Barat Rompis Romli di Jakarta, Jumat, kasus kebakaran di Pabrik Daur Ulang Sol Sepatu saat ini ditangani oleh Polsek Kalideres.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi dan Devi Nindy
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018