Jakarta (ANTARA News) - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) menyatakan penyelenggaraan Asian Games dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Hal yang paling penting dari pelaksanaan Asian Games adalah, event itu mampu memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia," kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) INASGOC Dendi T Danianto di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, persatuan dan kesatuan bangsa tersebut diperkuat dengan adanya kerja sama seluruh pihak, baik pemerintah, TNI, Polri serta masyarakat dalam penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Dengan banyaknya masalah yang dihadapi, misalnya kemacetan, tata kota, infrastruktur dan lain-lain, terlihat semua pihak turun tangan untuk membantu, sehingga masalah-masalah itu cepat selesai," ujar Dendi.

Selain memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, menurut dia, perhelatan Asian Games juga diyakini mampu meningkatkan citra negara Indonesia di mata dunia.

"Istilahnya, yaitu country branding. Melalui Asian Games, Indonesia bisa menunjukkan seluruh kualitas yang dimiliki, misalnya dari segi pariwisata. Dengan begitu, akan semakin banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia," ujar Dendi.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan penyelenggaraan Asian Games 2018 juga memiliki dampak terhadap peningkatan perekonomian di Indonesia secara signifikan.

"Sudah jelas sekali bahwa Asian Games pasti memiliki economic impact. Asian Games bisa ikut memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), baik di Jakarta maupun di Palembang," kata Dendi.

Oleh karena itu, dia menambahkan sampai dengan saat ini, promosi Asian Games 2018 terus digencarkan dengan harapan seluruh masyarakat ikut berpartisipasi menyukseskan kegiatan tersebut.

Baca juga: Haroan Bolon, semangat gotong royong Simalungun sambut kirab obor

Baca juga: Operasi Among Raga AG-APG dimulai hari ini

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018