Jakarta (ANTARA News) - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan menyumbang pengembangan pengisi daya untuk fasilitas bahan bakar mobil listrik nasional yang sesuai dengan komitmen Presiden Joko Widodo.

Kepala BPPT Unggul Priyanto dalam seminar dan eksibisi mobil listrik teknologi transportasi masa depan di BPPT, Jakarta, Selasa, mengatakan pihaknya akan fokus pada pengujian mobil dan motor listrik serta pengembangan charger untuk Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU).

Ia mengatakan komitmen Presiden yang dilatarberlakangi banyak pertimbangan, seperti perubahan global dan dampaknya terhadap iklim dan lingkungan. Regulasi dan riset harus disusun mulai sekarang, dan bisa mengambil peran dalam pengembangan mobil listrik itu.

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan dicanangkannya mobil listrik menjadi program nasional oleh Presiden maka BPPT telah siap mengembangkan dan melaksanakan pengkajian dan penerapan teknologi mobil listrik.

"Kami berupaya mengembangkan berbagai purwarupa moda transportasi bertenaga listrik, mulai dari motor, trolley bus, juga mobil listrik," ujar dia.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa mobil listrik merupakan kendaraan yang sangat sesuai untuk masa depan.

Diperlukan kajian terkait komersialisasi, kematangan teknologi, regulasi dan kesiapan infrastruktur dan jaringan listrik nasional untuk mendukung komersialisasi mobil listrik, ujar Unggul.

Intinya BPPT akan fokuskan inovasi ini bisa masuk ke industri yakni agar motor listrik, baterai dan manufaktur komponen lainnya dapat melibatkan industri dalam negeri. Hal ini menjadi kunci dalam pengoperasian mobil listrik, ujar dia.

Lebih lanjut Unggul menegaskan bahwa tentunya untuk menuju cita mobil listrik ini dibutuhkan sinergi dari berbagai pihak.Selain itu untuk lebih mendorong industri otomotif di Indonesia agar berinvestasi dengan memproduksi mobil listrik, maka pemerintah juga akan memberikan insentif secara bertahap.

"Diharapkan Indonesia tidak hanya mejadi konsumen dari negara yang sudah memiliki teknologi tinggi, tetapi juga dapat memproduksi didalam negeri bukan saja hanya kendaraannya tetapi juga termasuk batere bersama dengan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU)," ujar dia.

Baca juga: Pemerintah susun Perpres percepatan mobil listrik

Baca juga: Kementerian ESDM dukung pengembangan mobil listrik nasional

Baca juga: Menristek : mobil nasional hanya akan bertenaga listrik

Pewarta: Virna Puspa S
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018