Bantuan perbaikan rumah korban gempa Lombok diberikan pekan ini

id bantuan gempa lombok,korban gempa lombok,gempa lombok timur,gempa ntb,gempa lombok,gempa bumi

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Gubernur NTB TGB Zainul Majdi (kedua kiri) membagikan buku kepada anak-anak korban gempa di Desa Madayin, Kecamatan Sambelia, Selong, Lombok Timur, NTB, Senin (30/7/2018). Presiden Jokowi mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan untuk perbaikan Rp 50 juta per rumah korban gempa yang mengalami kerusakan. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Dompu, Nusa Tenggara Barat/NTB (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo ingin bantuan pemerintah untuk memperbaiki rumah warga yang rusak akibat gempa bumi di Lombok Timur pada Minggu (29/7) bisa diberikan dalam pekan ini.

"Kita harapkan dalam minggu ini sudah diberikan bantuan dari pemerintah sebesar Rp50 juta per rumah untuk yang rusak berat," kata Presiden di sela peresmian Bendungan Tanju di Desa Tanju, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Senin.

Presiden sudah meninjau daerah terdampak gempa di Lombok Timur serta berbincang dengan korban bencana. Kepada warga yang terdampak gempa, Presiden menjelaskan bahwa pemerintah daerah sedang memverifikasi data rumah yang rusak berat sebagai dasar untuk menyalurkan bantuan perbaikan rumah.

"Nanti dikeluarkan oleh Pak Gubernur mengenai jumlah total semuanya berapa dan segera, maksimal besok pagi, sesuai permintaan dari masyarakat agar diberikan uang saja biar bisa dibangun rumah ini kembali," katanya.

Ia mengatakan bahwa yang paling penting dalam tanggap darurat bencana adalah penanganan cepat di lapangan. Dalam penanganan dampak gempa di Lombok Timur, ia melanjutkan, lembaga terkait seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Basarnas sudah turun ke lapangan, termasuk dalam penyelamatan korban di Gunung Rinjani.

"Terkait dengan Rinjani, TNI juga ke sana," kata Presiden mengenai para pendaki yang terjebak di Danau Segara Anak, Gunung Rinjani, akibat gempa.

Baca juga: Presiden janjikan bantuan perbaikan rumah bagi korban gempa Lombok
 

Pewarta : Joko Susilo
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar