Jakarta (ANTARA News) - Politisi Okky Asokawati punya pandangan positif menyoal peluang rekan-rekannya sesama figur publik yang masuk dalam daftar bakal calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019. 

"Dengan sistem pemilu yang terbuka dan murni nanti 2019 diterapkan, memang seseorang dengan modal sosial yang tinggi kemungkinan besar bisa memperoleh suara yang banyak," ujar dia kepada ANTARA News, Senin. 

Anggota Komisi IX DPR RI periode 2014-2018 itu menilai pencalonan para figur publik pada Pemilu tahun depan oleh partai politik sebagai hal yang sah-sah saja, mengingat itu bisa menjadi strategi partai mendulang banyak suara. 

Baca juga: Giring: Banyak artis jadi caleg karena Jokowi

Baca juga: Deretan artis dan menteri dalam daftar caleg PDIP


Namun, menurut dia, untuk mendapatkan suara, seorang caleg artis tak cukup hanya bermodalkan popularitas.  Dia juga perlu didukung kapabilitas dan elektabilitas. 

"Harus ada kapabiltas dan elektabilitas juga. Peran mereka sebagai vote gather. Meskipun, kapabilitas dan elektabilitas juga harus diperhitungkan," tutur Okky. 

Okky sendiri kembali berpatisipasi menjadi calon anggota legislatif DPR RI pada Pemilu 2019 mendatang dari partai NasDem.  

Partai itu mendaftarkan sebanyak 535 caleg yang mencalonkan diri untuk masuk ke Dewan Perwakilan Rakyat dan lebih dari 10 orang berasal dari kalangan selebiriti, yakni Syahrul Gunawan, Olla Ramlan, Farhan, Wanda Hamidah, Nafa Urbach, Tessa Kaunang, mantan petinju Chris John.

Baca juga: Industri kreatif dan pendidikan jadi alasan Giring terjun berpolitik

Baca juga: Caleg artis dukung pelarangan promosi lewat baliho

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018