Makassar (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat gempa bumi terjadi di Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan dengan kekuatan 4,2 Skala Richter, Minggu malam.

"Tepat pada pukul 20:24:29 Wita telah terjadi gempa bumi tektonik di wilayah bagian timur Provinsi Sulawesi Selatan," ujar Kepala BMKG Wilayah IV Makassar A. Fachri Radjab di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan pusat gempa yang berada di darat pada jarak 30 kilometer dengan kedalaman 14 kilometer di sebelah tenggara Kabupaten Luwu Timur.

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa dengan kekuatan 4,2 SR itu berada di koordinat episenter 2,37 lintang selatan (LS) dan 121,34 bujur timur (BT).

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Matano," katanya.

Ia menyebutkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di Soroako sebesar II SIG-BMKG (II-III MMI).

"Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda yang tergantung bergoyang tetapi tidak menimbulkan kerusakan yang berarti," ucapnya.

Hingga saat ini, hasil monitoring BBMKG Wilayah IV menunjukkan bahwa daerah Sorowako dan sekitarnya telah diguncang gempa bumi satu kali. Pihaknya masih terus memantau perkembangan gempa susulannya.

"Terkait dengan peristiwa gempa bumi tersebut, masyarakat yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucapnya.


Letak Luwu Timur (tanda merah)



 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018