Yogyakarta (ANTARA News) - Sebanyak 3.131 calon haji asal Daerah Istimewa Yogyakarta berpamitan dengan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta KGPAA Paku Alam X di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Kamis.

Paku Alam X dengan didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama DIY Lutfi Hamid menyalami satu per satu calon haji (calhaj) dimulai dari calhaj lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas.

"Kami atas nama warga DIY mendoakan semoga jamaah haji asal DIY sebanyak 3.131 orang bisa berjalan dan kembali dengan selamat," kata Paku Alam.

Paku Alam berharap seluruh calon haji bersedia mematuhi arahan dari petugas haji. Sebaliknya kepada seluruh petugas haji Wagub meminta agar mampu menjalankan tugasnya secara optimal. "Saya ingatkan kepada mereka (petugas haji) bahwa mereka bukanlah haji yang bertugas, tetapi petugas haji," kata dia.

Kepala Kanwil Kemenag DIY Lutfi Hamid mengatakan bahwa pihaknya telah berupaya maksimal untuk meningkatkan kualitas pelayanan haji. Di antaranya berupa optimalisasi bidang pembinaan haji yang meliputi rekrutmen petugas haji yang dilakukan secara transparan dan akuntabel diawasi oleh Inspektorat Jenderal Kemenag.

Menurut Lutfi, berbagai informasi seputar pelaksanaan ibadah haji disajikan secara lengkap dan mudah diakses melalui aplikasi Haji Pintaryang bisa diakses melalui smartphone secara gratis.

"Meskipun demikian kami juga menyadari tidak semua jamaah haji bisa menggunakan fasilitas ini, maka Kemenag pun berupaya melakukan optimalisasi pelayanan oleh para petugas yang kompeten," kata dia.

Ia menjelaskan dari sebanyak 3.131 calhaj tahun ini, 25 orang di antaranya merupakan petugas daerah. Mereka rata-rata telah mendaftar sejak 2011, namun demikian ada pula yang sudah mendaftar sejak 2008 namun baru bisa berangkat tahun ini karena beberapa hal.

"Untuk tahun ini haji lansia mencapai 20-25 persen dengan rentang usia 65-70 tahun ke atas," kata Lutfi.

Ia mengatakan saat ini seluruh hotel tempat meningap calon haji asal Indonesia, termasuk DIY, minimal setara bintang empat dan lima. Untuk jarak tempuh hotel dengan Masjidil Haram paling jauh tiga kilometer. "Namun untuk lokasi paling jauh tidak ada masalah karena ada fasilitas `bus shalawat` yang siap menjemput setiap saat," kata dia.

Calon haji DIY terbagi dalam 9 kelompok terbang, yakni Kloter 21-SOC sampai Kloter 29-SOC. Waktu pemberangkatan masuk Asrama Haji Donohudan mulai Ahad, 22 Juli 2018 hingga Rabu 25 Juli 2018.

Adapun perkiraan tiba kembali di Solo mulai 3 September 2018 ? 6 September 2018. Maktab atau pemondokan selama di Makkah tersebar di Raudhah, Jarwal, Syisyah, Misfalah, Aziziah, dan Mahbas Jin.

Baca juga: DIY siapkan aplikasi pencegah penipuan umrah

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018