Temanggung (ANTARA News) - Jumlah penumpang yang tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, pada Sabtu atau H+8 Lebaran masih relatif banyak, yakni mencapai 20.254 orang, turun dibanding hari sebelumnya yang mencapai 23.849.

"Ada 639 bus yang juga tiba pada hari ini," ujar Kepala Terminal Kampung Rambutan Emiral August saat dikonfirmasi Antara dari Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu.

Ia menyampaikan puncak arus balik di terminal yang terletak di Jakarta Timur tersebut telah berlangsung pada Kamis (21/6), dengan jumlah penumpang tiba mencapai 36.604 orang.

Para penumpang yang tiba di Ibu Kota tersebut, kata dia, paling banyak berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Sama dengan yang datang, yang berangkat per hari ini juga menurun jumlah orangnya kalau dilihat dari Jumat, 3.115 penumpang jadi 2.453 penumpang," ujar Emiral.

Baca juga: Arus balik di Kalideres sudah 34.300 orang

Kendati demikian, menurut dia, saat ini sejumlah pusat pelayanan yang disediakan pada masa Mudik Lebaran 2018, berupa posko informasi, posko kesehatan, serta pengaduan, masih aktif dan dapat digunakan oleh penumpang.

Selain itu, anggota kepolisian serta TNI juga masih akan diperbantukan hingga Minggu (24/6) untuk menjaga keamanan di Terminal Kampung Rambutan.

Ada pula posko kesehatan yang menyediakan sejumlah obat untuk para penumpang terminal yang kurang sehat.

Baca juga: Pemudik tiba di terminal Makassar H+8 menurun

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018