Banda Aceh, (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami kerugian materil karena rumah mereka rusak.

"Ada enam kabupaten/kota di Aceh akibat cuaca ekstrem kemarin (Senin, 18/6), yakni Sabang, Aceh Besar, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Tengah, dan Aceh Selatan," ujar Kepala Pelaksana BPBA Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Selasa.

Ia melanjutkan, puting beliung yang terjadi di daerah destinasi wisata bahari Sabang, telah menyebabkan delapan rumah warga setempat mengalami rusak ringan, dan satu diantaranya rumah dinas milik TNI AL di kawasan Cot Ba`U.

Selain itu, terdapat juga korban terdampak, sehingga memerlukan penanganan evakuasi sesegera mungkin akibat pohon tumbang menutupi badan jalan menuju ke tiga lokasi objek wisata, seperti Pantai Iboih dua titik, Balik Gunong Dua Sarang delapan titik, dan Taman Kebun Wisata Merica satu titik.

Puting beliung di Aceh Besar menyebabkan atap rumah warga atas nama Muslem (45) mengalami rusak ringan di Desa Teubareh, Kecamatan Montasik, dan satu unit rumah di Pidie Jaya yang sedang dibangun mengalami roboh.

Di Aceh Tengah terdapat satu unit rumah milik Mahmuddin (45) roboh. Sedangkan di Bireuen, satu batang pohon kelapa tumbang ke badan jalan di Desa Batee Timoh, Jeumpa, dan atap satu unit rumah di Desa Alua Buya Pasie, Jangka, diterpa angin kencang.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018