Boyolali (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menyalurkan bantuan sosial program pemerintah dan pembangunan pendidikan serta desa untuk 19 kecamatan di Kabupaten Boyolali.

"Saya berpesan pergunakan bantuan yang saya sampaikan ini dengan baik, rawat, dan pelihara peralatan yang kami berikan secara bergotong royong," kata Menteri Puan kepada masyarakat di Desa Doplang, Kecamatan Tera di Boyolali, Selasa.

Menko PMK Puan Maharani menyalurkan bantuan dana untuk fasilitas pendidikan di sekolah mulai dari PAUD hingga SMA, dana untuk rehabilitasi gedung sekolah, kelas baru, dan perpustakaan.

Selain itu, juga diberikan Bantuan Pangan Nontunai untuk 70.583 keluarga penerima manfaat. Total anggaran BPNT untuk wilayah Boyolali sejak April 2018 hingga sembilan bulan ke depan Rp69,8 miliar.

Ia juga menyalurkan bantuan sosial untuk pembangunan desa, seperti modal untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDeS), bantuan dana untuk perbaikan sanitasi desa, dan bantuan berupa peralatan pertanian, seperti alat pembuat pakan ikan dan motor gerobak untuk panen.

Selain itu, Puan juga memberikan 1.000 bingkisan untuk peserta PKH, KIP, dan penerima BPNT.

Puan menerangkan pemerintah berupaya agar dana desa dapat dimanfaatkan untuk kegiatan produktif, seperti kegiatan padat karya yang secara langsung dapat memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat desa.

Ia juga bertanya langsung pada masyarakat Desa Doplang tentang bantuan sosial, seperti PKH dan KIP yang diterima warga, untuk memastikan tidak ada potongan ataupun pungutan.

Ia juga memastikan kualitas beras dan telur yang diberikan melalui BPNT memiliki kualitas baik dan layak konsumsi.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018