Jakarta (ANTARA News) - Kemarin letusan freatik Gunung Merapi membawa hujan abu ke bagian lerengnya serta memicu penutupan sementara Bandar Udara Adisutjipto di Yogyakarta dan objek wisata di Sleman, sementara massa dari berbagai organisasi massa menggelar aksi di Jakarta untuk membela Palestina sebagai respons terhadap rencana Amerika Serikat memindahkan kedutaan besarnya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Selain itu ada warta mengenai pernyataan Presiden Joko Widodo dalam pertemuan ulama trilateral Afghanistan-Indonesia-Pakistan di Istana Bogor dan percakapan telepon Presiden dengan perdana menteri Malaysia yang baru serta perkembangan penyelidikan penyebab kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua Depok dalam ringkasan berita berikut:

Presiden kecam pemindahan Kedubes AS ke Yerusalem
Presiden Joko Widodo kembali mengecam rencana Amerika Serikat memindahkan kedutaan besarnya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem menyusul keputusan sepihak Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Kepala Negara menilai keputusan itu melanggar resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa serta mendesak Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB membahas isu tersebut dan menindaklanjutinya. Presiden juga meminta negara lain tidak ikut memindahkan kedutaan besarnya di Israel ke Yerusalem.

Letusan freatik Merapi picu hujan abu di lereng
Letusan freatik Gunung Merapi membawa hujan abu ke wilayah yang berada di lereng gunung, termasuk beberapa bagian Kabupaten Sleman, memaksa pendaki yang berada di puncak gunung api itu turun, serta memicu penutupan sementara Bandar Udara Adisutjipto di Yogyakarta dan objek wisata di Sleman.

Presiden Jokowi ucapkan selamat kepada Mahathir
Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat kepada Perdana Menteri Malaysia terpilih Mahathir Mohamad dalam pembicaraan melalui telepon pada Kamis (10/5) pukul 21.55 WIB. "Saya mengucapkan selamat atas kemenangan Pekatan Harapan pada Pilihan Raya Umum ke-14 kemarin," kata Presiden dari Istana Kepresidenan Bogor.

Polisi selidiki pelaku pembunuh polisi dalam kerusuhan rutan Mako Brimob
Anggota Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri masih menyelidiki narapidana kasus terorisme yang melakukan pembunuhan terhadap lima anggota kepolisian dalam kerusuhan di rumah tahan di kompleks Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, beberapa hari lalu.

Aksi bela Palestina di Monas
Massa dari berbagai organisasi menggelar Aksi Bebaskan Baitul Maqdis guna mendukung upaya pembebasan Palestina dari penjajahan Israel menyusul rencana pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat di Israel ke Yerusalem dari Tel Aviv sebagai tindak lanjut dari keputusan sepihak Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Mereka menyerukan
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018