Makassar (ANTARA News) - Empat program studi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar serentak meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Kepala Staf Sekretariat Rektor Unhas Suharman Hamzah PhD di Makassar, Rabu, mengatakan keempat program studi tersebut masing-masing Prodi S3 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Prodi S1 Teknik Industri, Fakultas Teknik, Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fisipol dan Prodi S1 Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya.

"Kita memperoleh informasi dari sistem akreditasi online BAN PT," katanya.

Capaian ini menambah lagi jumlah prodi di Unhas yang memperoleh Akreditasi A, sebab 3 Prodi yang memperoleh akreditasi A merupakan peningkatan dari akreditasi sebelumnya. Hanya Prodi S1 Sastra Arab yang sebelumnya memang telah terakreditasi A.

Prodi S3 Teknik Sipil Fakultas Teknik mencatatkan prestasi tersendiri. Selain karena terjadi peningkatan akreditasi dari sebelumnya `B`, menjadi `A`, hasil ini menjadikan Teknik Sipil sebagai satu-satunya Program Studi di Unhas yang terakreditasi untuk semua jenjang, mulai S1, S2, dan S3.

Peningkatan yang sama juga dialami oleh Prodi S1 Teknik Industri dan Prodi S1 Ilmu Komunikasi. Kedua Prodi ini sebelumnya terakreditasi `B`.

Khusus untuk Prodi S1 Ilmu Komunikasi, capaian akreditasi A ini menjadi catatan tersendiri bagi Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), Prof Dr Alimuddin Unde, MSi.

Dengan akreditasi ini, maka kini seluruh Prodi S1 di FISIPOL Unhas telah terakreditasi `A`. Cita-cita untuk menjadikan seluruh Prodi S1 di Fisipol terakreditasi A merupakan visi Prof Alimuddin ketika ia pertama dipercaya sebagai Dekan Fisipol pada empat tahun lalu. Di akhir masa jabatannya, Prof Alimuddin dapat memenuhi cita-citanya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018