Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan pemerintah melalui Kementerian Sosial agar segera memberikan bantuan berupa logistik maupun dukungan moral terhadap korban gempa bumi di Kabupaten Pekalongan dan Banjarnegara, Jawa Tengah.

Bambang Soesatyo, di Jakarta, Kamis, juga mendesak Badan Nasional Penanggulangan Bencana maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB dan BPBD) terus melakukan penyisiran dan evakuasi warga yang terdampak gempa.

Bambang juga mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk melakukan pendataan bangunan dan rumah yang terdampak gempa, agar dapat segera melakukan pembangunan kembali rumah warga yang terdampak gempa.

Pada kesempatan tersebut, Bambang juga meyampaikan belasungkawa atas peristiwa gempa bumi berkekuatan 4,4 SR di wilayah Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Rabu (18/4) yang mengakibatkan dua korban jiwa dan ratusan bangunan rusak.

"Saya harapkan penanangan warga terdampak gempa pada tahap tanggap darurat maupun rehabilitasi dapat berjalan dengan baik," katanya.

Menurut dia, pimpinan DPR menyampaikan rasa belasungkawa dan keprihatinan yang mendalam kepada kepada keluarga korban yang meninggal dunia dan masyarakat yang mengalami dampak dari gempa tersebut.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Tengah VII (Banjarnegara, Purbalingga, dan Kebumen), berharap Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dapat meningkatkan performa pemantauan aktivitas gempa bumi, analisis, serta memperbarui informasi tentang potensi-potensi gempa yang mungkin terjadi.

"Sekaligus memberikan peringatan dini secara cepat dan tepat untuk mengantisipasi jatuhnya korban," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018