Makassar (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif mengharapkan rencana pembangunan sembilan kantor perwakilan di luar Jakarta terwujud akhir tahun ini.

Di Makassar, Selasa, Laode mengatakan rencana pembangunan kantor perwakilan di sembilan daerah itu adalah salah satu upaya KPK dalam meningkatkan kinerja penindakan dan pencegahan korupsi di daerah.

"Kini ada unit khusus koordinasi supervisi atau korsu untuk pencegahan. Kita juga rencana membangun sembilan kantor perwakilan regional, mudah-mudahan Makassar dapat (salah satu lokasi pembangunan)," katanya.

Kantor perwakilan itu akan berada di beberapa provinsi atau wilayah di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Papua, dan Jawa.

Ia menjelaskan, rencana membangun kantor perwakilan di daerah akan membimbing masyarakat dalam mencegah korupsi agar bisa mengawasi dan mencegah praktik itu bersama-sama.

"Untuk tujuannya sendiri tentu salah satunya yakni pencegahan. Mudah-mudahan sudah bisa terlaksana akhir tahun ini," kata Laode.

Sementara itu, satgas anti politik uang yang telah dibentuk bersama kepolisian dan kejaksaaan terus memperkuat koordinasi dalam mengantisipasi politik uang selama Pilkada.

Satgas ini memiliki mata dan telinga di mana-mana untuk  mengawasi praktik-praktik yang menjurus tindakan tidak terpuji itu.

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018