Surabaya (ANTARA News) - Putra sulung Presiden ke-6 RI, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mendoakan kesuksesan untuk mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yang memasuki masa purnatugas sejak 31 Maret 2018.

"Saya sampaikan apresiasi kepada Pak Gatot Nurmantyo dan semoga sukses untuk perjalanan berikutnya," ujar AHY kepada wartawan di sela kunjungannya di Surabaya, Minggu.

Gatot menjadi orang nomor satu di jajaran TNI menggantikan Moeldoko pada 8 Juli 2015 yang dilantik Presiden Joko Widodo hingga digantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada 8 Desember 2017 .

Pernah menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) pada 25 Juli 2014 hingga 15 Juli 2015, pria kelahiran Jawa Tengah ini mengabdi di dunia militer selama 36 tahun dan lulusan Akademi Militer 1982.

Menurut AHY, selama dua tahun menjabat panglima TNI, Gatot dinilainya sangat luar biasa dan banyak hal sudah dicapai.

"Yang pasti, terima kasih atas pengabdian Jenderal Gatot yang memasuki masa pensiun. Tentunya, banyak hal yang dicapai, bahkan hingga tingkatan tertinggi sebagai panglima TNI," kata pria yang mengajukan pensiun dini dari militer lantaran mengikuti Pilkada DKI Jakarta pada 2017.

Nama Gatot beberapa bulan terakhir disebut-sebut sebagai salah satu tokoh yang bakal mencalonkan diri untuk Pemilihan Presiden 2019. Dia kerap muncul pada beberapa survei yang menyatakannya salah satu sosok yang didukung masyarakat menjadi calon pemimpin Indonesia lainnya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018