Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan Pendamping Komunitas Adat Terpencil (KAT) menjadi salah satu penentu keberhasilan program pemberdayaan sosial KAT.

"Mereka adalah motor penggerak yang mendorong warga KAT dapat mengidentifikasi kekuatan-kekuatan yang ada pada diri mereka, maupun mengakses sumber-sumber kemasyarakatan yang berada di sekitar pendampingan terhadap warga KAT," kata Mensos di Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikan Mensos saat melepas 20 Pendamping sosial profesional KAT yang akan bertugas ke daerah.

Lebih lanjut Mensos mengatakan, dari hasil pendampingan tersebut diharapkan kemampuan dan keahlian, baik pendamping lokal maupun warga KAT akan meningkat.

Sehingga akan tumbuh kemandirian dan keberfungsian sosial pada lokasi tersebut.

Sebanyak 20 Pendamping Sosial KAT ditempatkan di Provinsi Riau, Sulawesi Barat, Jambi, Gorontalo, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Timur.

Serta di Provinsi Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku, Kalimantan Tengah, Papua, Kalimantan Timur, Papua Barat dan Provinsi Sulawesi Utara.

Sebelum diterjunkan ke lokasi dampingan, mereka telah mendapat Diklat Khusus di Komando Pendidikan Belanegara Rindam III Siliwangi Cikole Lembang Jabar.

Selama Diklat, di samping mendapat pelatihan kedisiplinan, juga keahlian-keahlian praktis seperti bercocok tanam, beternak, dan keterampilan lainnya yang dibutuhkan oleh warga KAT.

Setelah di lapangan, para Pendamping Sosial KAT akan bergabung bersama warga di lokasi KAT.

Berdasarkan data dari Direktorat KAT, persebaran Warga KAT Tahun 2015--2019 sebanyak 150.192 KK, dengan lokasi habitat di dataran tinggi (daerah pegunungan), dataran rendah (rawa), pedalaman (daerah perbatasan) dan di atas pohon atau pemukiman berpencar.

Dari jumlah data persebaran tersebut, sebanyak 6.288 KK warga KAT yang telah diberdayakan dan 141.775 KK warga KAT belum diberdayakan.

Target pemberdayaan Warga KAT pada 2018 sebanyak 2,099 KK yang berada di 22 Provinsi, 51 Kabupaten, 65 Kecamatan, 74 Desa, 92 Lokasi.

Sepanjang tahun 2016--2017 telah dilakukan perekrutan sebanyak 40 Pendamping Sosial Profesional KAT dengan tugas profesional untuk menjalin relasi sosial dengan warga KAT untuk mencapai tujuan pemberdayaan yang telah ditetapkan.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018