Bandung (ANTARA News) - Arus lalu lintas di sekitar kawasan Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat, lumpuh total pada Selasa akibat banjir bandang yang membawa lumpur tebal menutupi ruas jalan.

Dari jalur Bandung kota menuju Bandung timur atau Ujungberung/Cibiru, kemacetan sudah mencapai Jalan Jenderal Ahmad Yani, dan Jalan Suci dekat Gasibu, sedangkan dari arah timur menuju Bandung kota, diperkirakan kemacetan hingga mencapai Ujungberung.

Untuk mengurai kemacetan, petugas dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung dibantu kepolisian dan masyarakat membersihkan lumpur dari jalanan dengan menggunakan alat sederhana.

Salah satu warga Jatihandap, Nandar (56) mengatakan, banjir bandang di Cicaheum terjadi sekitar 16.00 WIB. Setengah jam kemudian, sungai Cicabe yang berada di Jatihandap jebol sehingga membuat air tumpah ke permukiman warga.

"Di sini mah hujannya tidak gede, tapi di atas (Bandung utara) hujannya besar," ujar Nandar di lokasi.

Menurut Nandar, terdapat empat rumah di dua lokasi berbeda mengalami rusak berat akibat hantaman air lumpur.

Selain menggunakan alat sederhana, dua unit mobil tank air dari Damkar diterjunkan untuk membersihkan lumpur dari jalanan. Saat ini, Diskar PB pun tengah melakukan pendataan mengenai korban maupun rumah yang rusak.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018