Memanglah betul kalau orang-orang di sini sangat apresiatif musik."
Ambon (ANTARA News) - Rocker senior Indonesia, Once Mekel, menilai orang Ambon sangatlah musikal dan apresiatif terhadap musik, karena itu pantas disebut sebagai kota musik dan gudangnya penyanyi.

"Penyanyinya bagus-bagus semua, nggak ada penyanyi yang hanya sekedar iseng-iseng atau ngaco. Memang benar kalau orang di sini sangat musikal," katanya di Ambon, Jumat malam (9/3).

Penyanyi bernama lengkap Elfonda Mekel itu berada di Ambon untuk menghadiri perhelatan akbar Konferensi Musik Indonesia (KAMI) dan Festival 2018 pada 7 hingga 9 Maret 2018.

Selama tiga hari berada di Ambon, rocker berusia 47 tahun itu mengatakan telah berkeliling ke beberapa kafe dan warung kopi di kota tersebut, dan menyaksikan penampilan para musisi maupun penyanyi lokal.

Once mengaku merasa kagum dengan musikalitas orang Ambon. Tidak hanya bisa bernyanyi, mereka juga begitu apresiatif terhadap musik.

Ia pun setuju jika Ambon disebut sebagai kota musik dan gudangnya para penyanyi.

"Ini pertama kali saya ke Ambon. Memanglah betul kalau orang-orang di sini sangat apresiatif musik, sangat enjoy terhadap musik dan juga benar bila mereka mengaku mereka kota musik atau gudangnya penyanyi, itu benar," ujarnya.

Tak hanya musikal, menurut Once, orang Ambon juga sangat maju dan memiliki toleransi yang tinggi, tidak ada kesenjangan dalam relasi sosial antar masyarakatnya, padahal sebelumnya mereka pernah terkena konflik horizontal.

"Jika dibandingkan dengan tempat-tempat lain, apalagi seperti kami yang di Jakarta, saya lihat di sini masyarakatnya jauh lebih maju, padahal mereka pernah ada konflik sosial. Saya pernah tampil di Poso juga, orang-orangnya sama seperti di Ambon ini, maju," katanya.

Mantan vokalis grup band Dewa 19 itu menambahkan, apabila ada kesempatan, dirinya ingin kembali berkunjung ke Ambon untuk berlibur dan menyelam.

Mengenai lokasi penyelaman yang akan dijajaki, Once berkata akan menanyakannya pada dua personil Slank, Ridho dan Kaka, yang sudah lebih tahu mengenai lokasi-lokasi penyelaman di Kota Ambon.

"Kalau ada kesempatan ke sini, saya pasti kembali. Yang pasti, kalau ke sini lagi saya mau diving juga, nanti nanya sama Ridho dan Kaka aja, mereka sudah tahu tempatnya, sudah bawa perlengkapan juga," demikian Once Mekel.

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018