Bandung (ANTARA News) - Menteri Sosial Idrus Marham terus memantau secara langsung pelaksanaan penyaluran bantuan sosial di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya di Jawa Barat.

Mensos mengunjungi Kota Bandung dan Kabupaten Karawang, Kamis, setelah pada Rabu (28/2) mengunjungi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur untuk memantau pencairan bansos program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non-tunai (BPNT) dan bansos beras sejahtera (rastra).

Saat berada di Bandung, Idrus bersilaturahmi dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan membahas percepatan penyaluran bansos di Jawa Barat.

"Saya datang ke berbagai kota dan kabupaten untuk bertemu langsung dengan ibu-ibu penerima bansos. Tujuannya untuk melihat bagaimana proses penyaluran dan pencairan dananya," katanya saat meninjau distribusi pencairan bansos di Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Wyata Guna Kota Bandung.

Idrus mengatakan, tahun ini bantuan sosial PKH mencapai 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan ditingkatkan jumlahnya pada 2019 menjadi 15 juta KPM.

"Untuk menuju 5 juta KPM PKH, tentunya diperlukan kesiapan yang matang. Oleh karena itu kita kawal yang 10 juta KPM pada 2018 dengan maksimal sehingga diharapkan tahun depan kenaikan sebesar 5 juta KPM dapat berjalan dengan baik dan lancar," kata dia.

Mensos mengatakan penyaluran bantuan sosial nontunai PKH, BPNT, dan bansos rastra di sejumlah daerah merupakan bagian dari proses penanganan kemiskinan secara terpadu dan berkelanjutan yang juga sekaligus mendukung kebijakan keuangan inklusif sesuai dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

Sementara itu Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat mengatakan total bantuan sosial untuk? Jawa Barat 2018 adalah Rp6,5 triliun.

Bansos tersebut terdiri dari PKH Reguler sebesar untuk 1.633.876 KPM, PKH Disabilitas untuk 8.991 jiwa, dan PKH Lanjut Usia untuk 13.173 jiwa. Bantuan juga mencakup Beras Sejahtera (Rastra) dan BPNT untuk 2.516.981 keluarga, serta bantuan hibah dalam negeri berupa bantuan paket sembako dan bantuan paket anak berprestasi.

"Penyaluran bansos di Jawa Barat dilaksanakan oleh bank penyalur yakni BNI, BRI, BTN, dan Bank Mandiri," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018