Yogyakarta (ANTARA News) - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan untuk bencana banjir dan longsor di Kecamatan Salem Kabupaten Brebes untuk tahap pertama senilai Rp1,1 miliar.

"Pada tahap awal Rp1.163.000.000 kita berikan untuk tahap awal, tahap selanjutnya kita lihat perkembangan yang ada," kata Menteri Sosial Idrus Marham di Brebes, Selasa.

Bantuan bencana tersebut diberikan dalam bentuk barang yang dibutuhkan sekaligus dana jaminan hidup bagi warga yang terdampak.

Bantuan itu antara lain bantuan logistik tanggap darurat sebesar Rp347,3 juta terdiri dari paket lauk pauk, alat makan, alat masak, tenda gulung, tenda keluarga, selimut, matras, keperluan keluarga, dan peralatan makan.

Bantuan "bufferstock" logistik provinsi Jawa Tengah sebesar Rp47,2 juta, santunan korban meninggal dunia Rp195 juta, santunan korban luka-luka Rp24 juta rupiah, bantuan sembako Rp2,1 juta dan bantuan mobil dapur lapangan kepada pemerintah Kabupaten Brebes senilai Rp523,4 juta.

Idrus meminta agar Bupati Brebes sesegera mungkin melengkapi pencatatan dan pengumpulan data penduduk yang menjadi korban maupun yang terdampak bencana guna mempercepat pencairan dana.

Kemensos juga telah mengerahkan relawan penanganan bencana sebanyak 63 orang. Tim tersebut terdiri dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), Tim Layanan Dukungan Psikososial dan Pendamping PKH.

Sebanyak 400 personel tim SAR gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Basarnas, PMI, Tagana, relawan dan masyarakat melakukan pencarian korban longsor. Lima alat berat dikerahkan membantu pencarian korban.

Baca juga: Mensos dan Ketua DPR tinjau longsor Brebes

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018