... tim dokter juga melakukan operasi pengangkatan gumpalan darah yang ada di kepala tadi malam (23/2)...

Samarinda, Kalimantan Timur (ANTARA News) - Tim dokter RSUD Abdul Wahan Sjahranie di Samarinda, memastikan, calon wakil gubernur Kalimantan Timur, Nusyirwan Ismail, mengalami pendarahan di bagian kepala atau otak yang mengakibatkan stroke.

Direktur RSUD AW Sjahranie, dr Rachim Dinata SpS, saat dikonfimasi wartawan di Samarinda, Sabtu siang, menjelaskan, ada pembuluh darah di kepala Ismail yang pecah, dan menyebabkan munculnya gumpalan darah.

"Ada dua penyebab stroke, yang pertama karena penyumbatan pembuluh darah di kepala dan yang kedua karena pembuluh darah di kepala pecah. Nah, Pak Nusyirwan ini terkena stroke karena ada pembuluh darah di kepalanya yang pecah," jelas DInata, yang juga dokter spesialis saraf.

Menurut dia, tim dokter RSUD AW Sjahranie telah melakukan prosedur medis secara maksimal kepada pasangan calon gubernur Kalimantan Timur, Andi Sofyan Hasdam, itu sejak masuk ruang perawatan pada Jumat siang (23/2).

"Kami telah memberikan prosedur penanganan yang maksimal. Setelah pemeriksaan CT scan, tim dokter juga melakukan operasi pengangkatan gumpalan darah yang ada di kepala tadi malam (23/2)," imbuhnya.

Tim dokter yang menangani Ismail ada delapan orang, di antaranya dokter bedah saraf, jantung, anestesi, dan sejumlah dokter penyakit dalam.

Sebelumnya, pihak keluarga Ismail mengabarkan bahwa kondisi Nursyiwan Ismail sudah mulai membaik setelah mendapat penanganan medis.

Muhammad Darjat, sepupu sang calon, yang mewakili keluarga, mengatakan, Ismail telah mendapat penanganan intensif dan kondisi terakhir sudah stabil.

Pewarta: Arumanto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018