Ratusan rumah di Kota Bandung kebanjiran

id banjir bandung,banjir kota bandung,banjir kabupaten bandung

Warga dan sejumlah kendaraan menembus banjir di ruas jalan raya Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (ANTARA /Novrian Arbi)

Bandung (ANTARA News) - Akibat hujan dari sore hingga malam pada Kamis kemarin, ratusan rumah di Jalan H. Safari, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung, kebanjiran.

Selain menggenangi 163 rumah yang didiami 199 keluarga, banjir juga menggenani satu mushala dan dua rumah dilaporkan rusak karena bencana itu, kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat.

Saat ini, Dinas pemadam kebakaran tengah membersihkan lumpur di rumah-rumah warga serta tempat peribadatan. Mereka juga menyerahkan bantuan makanan dan obat-obatan dari BPBD Jabar kepada warga korban banjir.

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Bandung raya juga menyebabkan tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung dikepung banjir serta longsor.

Tujuh kecamatan yang wilayahnya tergenang antara lain Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Majalaya, Paseh, Ibun dan Solokan Jeruk. Sementara longsor terjadi di Desa Cilame, Kampung Sawah, Kecamatan Kutawaringin.

Berdasarkan data sementara yang masuk ke BPBD Kabupaten Bandung sekitar 9.938 rumah, 10 gedung sekolah, dan 27 tempat ibadah tergenang banjir dengan total warga terdampak 29.814.

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar