Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berharap audit terhadap proyek infrastruktur yang pengerjaan memerlukan alat berat di ketinggian (elevated) bisa segera selesai sehingga kegiatan pembangunan dapat dilanjutkan.

"Mari kita tunggu hasil evaluasi dan audit pihak-pihak yang telah ditunjuk Menteri PU. Mudah-mudahan ada segera kejelasan sehingga proyek bisa dilanjutkan segera. Kita percayakan kepada para menteri untuk menangani ini. PKB selalu mendukung," ujar Cak Imin dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan menghentikan sementara seluruh proyek infrastruktur elevated, menyusul maraknya kecelakaan kerja proyek infrastruktur. Berdasarkan data, ada sekitar 12 kali insiden sepanjang 2017 hingga 2018.

"Saking seringnya kecelakaan, saya kadang sampai `mikir` jangan-jangan ada sabotase ini. Ada yang menyabotase proyek infrastruktur pak Jokowi. Ini kan program andalan Presiden, pertaruhan Presiden. Jadi kalau sampai kisruh, pasti Presiden dan jajaran yang kena," kata Cak Imin.

Meskipun demikian Cak Imin menilai keputusan pemerintah menghentikan sementara proyek infrastruktur elevated hingga ada hasil audit, sudah tepat. Sebab hal itu menyangkut nyawa para pekerja di lapangan.

"Kepada para korban yang terkena musibah insiden proyek infrastrukur, PKB menyampaikan simpati dan duka cita," kata Cak Imin.

Menurut dia, mengerjakan proyek penting memang baik, tapi lebih penting mengerjakan proyek dengan baik. Cak Imin mengaku akan memanggil Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri yang juga merupakan kader PKB, untuk menanyakan mengenai keselamatan kerja.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018