Purwokerto (ANTARA News) - Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Jawa Tengah siap menerima 1.095 mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), kata panitia SNMPTN Unsoed Wisnu Widjanarko.

"Pendaftaran SNMPTN 2018 dibuka mulai hari ini, 21 Februari hingga 6 Maret. Unsoed menyediakan 1.095 kursi untuk mahasiswa baru yang masuk melalui jalur SNMPTN," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu.

Ia mengatakan 1.095 kursi itu tersebar di 39 program studi yang terbagi atas 24 program studi kelompok sains dan teknologi serta 15 program studi kelompok sosial dan humaniora.

Dalam hal ini, 24 program studi kelompok sains dan teknologi tersebar di delapan fakultas, yakni Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Biologi, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Sementara 15 progam studi lainnya tersebar di empat fakultas, yakni Fakultas Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Ilmu Budaya.

Terkait dengan pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, Wisnu mengatakan peserta yang berhak mendaftar adalah siswa kelas XII yang memenuhi kriteria pemeringkatan yang telah ditetapkan oleh Panitia SNMPTN Pusat.

"Siswa yang ditetapkan tersebut dapat menggunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan `password log in` untuk masuk ke laman http://web.snmptn.ac.id guna melakukan pendaftaran," kata Staf Ahli Rektor Unsoed Bidang Kehumasan itu.

Menurut dia, calon peserta SNMPTN akan diminta mengisi biodata, pilihan perguruan tinggi negeri, dan pilihan program studi termasuk mengunggah pas foto resmi terbaru serta dokumen prestasi tambahan.

Khusus pendaftar program studi bidang seni dan olahraga, kata dia, wajib mengunggah portofolio dan bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah dengan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://web.snmptn.ac.id.

"Saat mengisi formulir pendaftaran, bacalah dan pahami dengan baik seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang dipilih," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018