Jakarta (ANTARA News) - Petugas Polres Metro Jakarta Barat menembak mati perampok bersenjata api Hendri karena berusaha melawan polisi yang akan menangkapnya.

"Petugas mengambil tindakan tegas dan terukur yang mengakibatkan salah satu pelaku tewas karena melakukan perlawanan," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombespol Hengki Haryadi di Jakarta, Selasa.

Selain melumpuhkan Hendri, Tim Subnit Jatanras Unit Krimum Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Barat pimpinan AKBP Rulian Syauri meringkus Tamrin, Apipudin alias Panjul dan Zainal Abidin.

Hengki menyatakan kelompok Hendri itu kerap beraksi dengan membawa senjata api yang tidak segan menghabisi nyawa korban jika melawan.

Baca juga: Polres Simalungun tembak mati perampok bersenjata

Hengki menjelaskan awalnya polisi menerima informasi dari masyarakat yang resah terhadap kejahatan di Jalan Aipda KS Tubun, Petamburan, Jakarta Barat, kemarin.

Dari hasil penyidikan, polisi menangkap Hendri dan Tamrin yang kerap berbuat kriminal di sini.  Berdasarkan keterangan Hendri dan Tamrin, polisi lalu menangkap Zainal dan Apipudin.

Polisi meminta para pelaku menunjukkan penadah hasil kejahatan mereka, tetapi Hendri justru berusaha merebut senjata api rakitan yang disita polisi.

Polisi menyita barang bukti delapan unit sepeda motor yang diduga hasil curian, satu pucuk senjata api rakitan, peluru kaliber 38 mm dan kunci letter T.

Baca juga: Tiga penodong di Medan ditembak

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018