Perayaan ini merupakan peninggalan atau `legacy` Gus Dur dan PKB kepada negeri ini,...
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar mengatakan perayaan Imlek di Indonesia merupakan berkah persaudaran bagi seluruh masyarakat sehingga dirinya selalu menyambut dengan rasa haru dan penuh sukacita.

"Perayaan ini merupakan peninggalan atau `legacy` Gus Dur dan PKB kepada negeri ini, juga karena sejarah panjang jatuh bangunnya warga Tionghoa di Indonesia," kata Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan jauh sebelum kemerdekaan, bahkan sejak masa kerajaan Nusantara, warga Tionghoa sudah hidup bersisian di Indonesia.

Menurut dia, perjalanan mereka panjang dan keras dan mampu bertahan sehingga karakter tersebut turut mewarnai masyarakat Indonesia.

"Imlek kali ini merupakan tahun Anjing Tanah, dari yang saya baca, shio anjing tanah adalah shio yang paling disenangi, fleksibel, paling supel, di antara shio lain. Ini cocok dengan karakter PKB," ujarnya.

Muhaimin mengatakan PKB ingin menjadi yang di tengah, menyeimbangkan antara yang kiri dan kanan, yang atas dan yang bawah, antara kepentingan pekerja dan kepentingan pengusaha.

Menurut dia, PKB juga ingin di tengah antara kepentingan petani dan kebutuhan konsumen akan sembako murah karena itu tidak mudah namun harus diperjuangkan.

"Meskipun kaum tengah, namun ada hal-hal prinsip yang tidak bisa ditawar yaitu Pancasila, kebhinekaan, kemandirian ekonomi, dan kemanusiaan. Untuk empat hal ini, PKB ada di garis keras termasuk melindungi hak ekonomi sosial politik warga Tionghoa," katanya.

Muhaimin menegaskan bahwa PKB konsisten terkait melawan diskriminasi dan kesenjangan dan kita harus selalu bangun persaudaraan karena persaudaraan itu berkah untuk Indonesia.

Menurut dia seperti ungkapan karakter shio anjing "Aku akan mendengar keluhan dan kepedihanmu, Mataku dan telingaku akan kubuka untukmu".

Dia berharap perayaan Imlek tahun ini membuat kita semakin kokoh dan supel dalam pergaulan sosial dan politik.

Partai Kebangkitan Bangsa menggelar Refleksi Imlek bersama tokoh Tionghoa dan lintas agama pada Senin (12/2) malam di Jakarta dalam menyambut Imlek tahun ke 2569 yang jatuh pada tanggal 16 Februari 2018.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018