Padang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, memperkuat upaya pengembangan sekolah siap siaga bencana melalui kerja sama dengan berbagai instansi nasional serta mancanegara.

"Saat Hari Pers Nasional lalu, kami dikunjungi beberapa duta besar yang salah satunya akan membantu dalam pelaksanaan sekolah siap siaga bencana," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, di Padang, Sabtu.

Salah satunya kedatangan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Trevor Matheson, yang mengunjungi SD 42 Korong Gadang Kuranji.

Sekolah itu menjadi salah satu proyek percontohan kerja sama antara Padang dan Selandia Baru tentang manajemen kesiapsiagaan bencana.

Selandia Baru membantu sekolah di Padang dalam memperkuat kesiapsiagaan bencana, baik dalam bentuk dukungan fisik seperti penguatan bangunan atau hal lain terkait di SD 42 Korong Gadang itu.

Kerja sama lain dalam hal pendidikan penanggulangan bencana, fasilitas untuk antisipasi bencana dan bantuan korban bencana. Selain Selandia Baru, Padang juga bekerja sama dengan daerah dan negara lain.

Khusus sekolah siap siaga bencana ini, ujar dia harus dilakukan mengingat lokasi Padang yang berada pada wilayah rawan bencana karena terletak di antara lempeng Bumi yang terus aktif yakni Pulau Mentawai dan lempeng Eurasia.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Padang, Edi Hasjmi, menambahkan, program sekolah siaga bencana ini menjadi fokus mitigasi bencana alam di Padang. 

Pewarta: Denya Utama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018